Delegasi Rumania dan Gubernur Kalteng bahas teknologi modifikasi cuaca

Delegasi Rumania dan Gubernur Kalteng bahas teknologi modifikasi cuaca

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) bersama Delegasi Rumania H.E. Tanasa Dumitru di Palangka Raya, Kamis, (3/6/2021). ANTARA/Ho-MMC Kalteng/pri.

teknologi modifikasi cuaca arahnya untuk mendukung pengembangan food estate maupun nantinya penanganan kebakaran hutan dan lahan
Palangka Raya (ANTARA) - Delegasi Rumania menemui Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan membahas tentang kerja sama terkait teknologi modifikasi cuaca.

Sugianto di Palangka Raya, Kamis menyampaikan terima kasih atas kedatangan Delegasi Rumania dan terlaksananya pertemuan di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah tersebut.

"Dalam pertemuan tadi, kami membahas tentang teknologi modifikasi cuaca yang dimiliki Rumania," katanya usai menggelar pertemuan bersama Delegasi Rumania.

Rencana terkait teknologi modifikasi cuaca tersebut, arahnya adalah untuk mendukung pengembangan food estate maupun nantinya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kita kan ada musim hujan, musim kemarau, ini bisa diatur dengan teknologi mereka," paparnya.

Selain itu pihaknya juga membicarakan tentang sejumlah komoditas yang dimiliki untuk kedepannya menggali peluang agar bisa dikerjasamakan, seperti pertanian dan lainnya, hingga akhirnya bermuara pada kegiatan ekspor maupun impor.
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca Kalbar dan Kalteng
Baca juga: BMKG dorong pemanfaatan informasi cuaca untuk pertanian Kalteng


Perwakilan delegasi, yakni H.E. Tanasa Dumitru yang merupakan Presiden Konfederasi Pekerja Rumania mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan hubungan ekonomi dan kerja sama antara Rumania dan Indonesia.

"Sebab dalam hal hubungan politik terjalin dengan baik sekali. Kami mengusahakan agar semua bidang dapat berkembang," ungkapnya.

Dumitru menjelaskan, banyak sektor yang pihaknya bahas bersama dan berpotensi untuk dikerjasamakan kedepannya.

"Yang penting sekali adalah tentang modifikasi cuaca, pengelolaan limbah dan pengelolaan air," terangnya.

Pihaknya pun mengundang secara resmi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar dapat mengunjungi Rumania yang waktunya nanti akan ditetapkan bersama.

Selain Dumitru, delegasi lainnya yang hadir yakni para Tim Ahli Perusahaan IAA, diantaranya Doeu Dorian Popescu, Eduard Popescu dan Razvan Mihilescu. Turut mendampingi gubernur sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti maupun lainnya.
Baca juga: Pemerintah kabupaten/kota di Kalteng diminta waspadai kondisi cuaca
 

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar