Pada intinya bersepeda itu sehat, mudah, dan tidak harus dilakukan di hari Sabtu dan Minggu, namun bisa setiap hari di hari kerja
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Puluhan dosen Universitas Jember (Unej) bersama pekerja di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis, mengampanyekan "bike to work" atau bersepeda ke tempat kerja dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia 2021, Kamis.

Kegiatan tersebut digagas oleh lintas pusat studi Unej, yakni Pusat Hak Asasi Manusia, Multikulturalisme, dan Migrasi (CHRM2) bersama dengan Pusat Studi Gender, Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi), Klub Bersepeda Tegal Boto, komunitas Bike to Work Indonesia dan Rodalink.

"Misi utama kegiatan itu adalah kampanye bersepeda ke tempat kerja. Sebenarnya kampanye itu kami lakukan setiap hari kerja yakni Senin-Jumat dan hari ini kebetulan bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia," kata Ketua CHRM2 Unej, Al Khanif di Jember.

Menurutnya kampanye bersepeda dilakukan ketika sebelum jam masuk kantor, sehingga para peserta setelah selesai kegiatan akan masuk ke tempat kerja seperti para dosen Unej langsung ke kampus untuk mengajar secara daring dan begitu juga dengan beberapa pekerja swasta yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Pada intinya bersepeda itu sehat, mudah, dan tidak harus dilakukan di hari Sabtu dan Minggu, namun bisa setiap hari di hari kerja, sehingga kami akan selalu mengampanyekan kepada masyarakat Jember untuk bersepeda ke tempat kerja," katanya.

Melalui kegiatan kampanye itu, lanjut Khanif, diharapkan kesadaran warga Jember untuk bersepeda ke tempat kerja semakin baik dan mau bersepeda ke tempat kerja untuk mengurangi polusi udara.

"Acara ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Ring the Bell (RTB) yang meupakan acara bersepeda bulanan yang digagas oleh CHRM2 sejak 2018 untuk memromosikan Universitas Jember sebagai kampus hijau," katanya.

Ia berharap kampanye itu dapat mempengaruhi Pemerintah Kabupaten Jember, swasta, dan Universitas Jember untuk menyediakan fasilitas sepeda seperti parkir dan jalur sepeda di sejumlah perkantoran.

Dalam kegiatan "Bike to Work" memperingati Hari Sepeda Sedunia, para memakai kostum unik yakni pakaian adat Jawa, kostum Reog Ponorogo, dan peserta perempuan ada yang memakai baju kebaya dan batik.

Rute yang dilewati mulai dari depan gerbang masuk Unej ke Alun-alun melewati Jl PB Sudirman, kemudian berbelok ke Jalan Sumatra, memutari kawasan kampus, masuk ke dalam kampus Unej, dan berakhir di depan gerbang masuk Unej.

Baca juga: Kampus UI Miliki Jalur Khusus Sepeda Pertama di Indonesia

Baca juga: SDN 01 Gandaria Selatan jadi percontohan Sekolah Ramah Bersepeda

Baca juga: UGM Luncurkan Layanan Sepeda Kampus

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021