437 Anggota keluarga grup I Kopassus jalani vaksinasi COVID-19

437 Anggota keluarga grup I Kopassus jalani vaksinasi COVID-19

Sebanyak 437 anggota keluarga grup 1 Kopassus menjalani penyuntikan vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang dipusatkan di Rukan Griya Sena Baladhika, Kompleks Makopassus Serang, Banten. (Azmi Samsul Maarif)

Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 437 anggota keluarga grup 1 Kopassus menjalani penyuntikan vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang dipusatkan di Rukan Griya Sena Baladhika, Kompleks Markas Kopassus Serang, Banten.

"Pada tahap pertama ini, vaksinasi dilaksanakan terhadap 437 orang anggota Keluarga Besar Tentara Grup 1 Kopassus baik ibu Persit maupun anak-anak dari Detasemen Markas, Batalyon 11, Batalyon 12 dan Batalyon 13," kata Ketua Tim Vaksinator, Letda Ckm drg Junez melalui keterangan tertulis yang diterima di Tangerang, Kamis.

Baca juga: Mabes TNI gelar vaksinasi COVID-19 bagi purnawirawan dan keluarga TNI

Ia mengatakan, pelaksanaan penyuntikan vaksinasi kepada anggota keluarga prajurit Kopassus ini dimaksud untuk mencegah dan mengurangi ancaman penularan COVID-19.

Selain itu, program vaksinasi COVID-19 ini salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Terlebih, tugas para TNI dari satuan Kopassus berada di garda terdepan dalam pengamanan ketertiban masyarakat, sehingga perlu adanya perlindungan terhadap anggota keluarganya.

"Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan vaksinasi COVID-19 yang telah disediakan oleh pemerintah kepada seluruh warganya," ujar Junez.

Menurut dia, sesuai rencana pelaksanaan vaksinasi bagi anggota keluarga grup 1 Kopassus tersebut ditargetkan selesai dalam waktu dekat ini.

"Untuk kegiatan vaksin tahap 2 masih akan menunggu info dari tim pusat dari RS Cijantung dan Makopassus," katanya.

Baca juga: Kasad: Tenaga medis TNI AD bantu vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI

Ia juga menjelaskan, sesuai prosedur sebelum dilakukan penyuntikan, para anggota keluarga dari grup 1 Kopassus harus mengikuti pemeriksaan kesehatan. Seperti melakukan pemeriksaan tekanan darah dan penyakit penyerta lainnya.

"Jenis vaksin yang diberikan yaitu jenis AstraZeneca. Kemudian masing-masing peserta harus melaksanakan tahapan screening untuk mengetahui tahap lanjutan," ungkapnya.

Meskipun sudah divaksin, para anggota keluarga diharapkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.

Kegiatan pelaksanaan kegiatan penyuntikan vaksin tersebut dipantau langsung Ketua Persit KCK Cabang 2 Grup 1 PCBS Kopassus, Ni Made Rai Suardani.

Baca juga: Kasad dan Persit KCK vaksinasi keluarga TNI AD

Baca juga: Kasad: 298 faskes dan vaksinator TNI AD siap bantu vaksinasi COVID-19

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

TNI AL lakukan vaksinasi di atas kapal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar