Selama ini belum ada pebalap F1 China jadi kami menantikan progres Yuanpu
Jakarta (ANTARA) - Tim Mercedes F1 telah merekrut pebalap karting muda berbakat asal China Cui Yuanpu ke dalam skuad junior mereka.

Pebalap berusia 13 tahun asal Xi'an itu telah memulai membalap karting sejak usia enam tahun dan telah didukung Mercedes sedari 2020 di mana ia menyelesaikan kelas OK Junior kejuaraan Piala Andrea Margutti ke-31 sebagai runner-up, menang dan naik podium di WSK Champions Cup, WSK Super Master Series dan Florida Winter Tour.

Cui Yuanpu akan bergabung dengan sejumlah pebalap yang memiliki potensi mengorbit ke F1 di masa depan lewat program pebalap muda Mercedes.

"Dia adalah talenta karting terbaik dari China dan selama ini belum ada pebalap F1 China jadi kami menantikan progres Yuanpu dan membantu mereka menaikkan peringkat mereka," kata penasehat pengembangan pebalap Mercedes Gwen Lagrue seperti dikutip AFP, Kamis.

China menggelar grand prix pertama kali pada 2004 di sirkuit Shangai, dan saat ini juga memiliki ambisi untuk menggelar balapan di sirkuit jalan raya.

Baca juga: Hasil GP China, Hamilton juara seri ke-1.000, Mercedes cetak hat-trick

Akan tetapi, belum pernah ada pebalap China yang berkompetisi di F1.

Pebalap China Zhou Guanyu saat ini baru mencapai level Formula 2, dan musim ini memucaki klasemen kejuaraan di bawah F1 itu, dan saat ini berada di daftar antrean teratas untuk mewujudkan ambisi China memiliki wakil di ajang balap paling bergengsi di dunia tersebut.

"Saya bisa mengatakan saya yang paling dekat mencapai Formula 1 sebagai seorang pebalap China," kata Guanyu kepada AFP awal tahun ini.

Baca juga: Bos Mercedes prediksi Red Bull bakal tampil kuat di Baku
Baca juga: Hamilton kritik Mercedes tampil 'sangat buruk' di Monako

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021