Forum Zakat himpun Rp567 miliar untuk penanganan COVID-19

Forum Zakat himpun Rp567 miliar untuk penanganan COVID-19

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Zakat Nana Sudiana pada dalam jumpa pers usai pembukaan Musyawarah Nasional 9 Forum Zakat, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021). ANTARA/Vicki Febrianto.

bermanfaat untuk membantu dalam banyak hal
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Asosiasi Gerakan Zakat Indonesia atau Forum Zakat berhasil menghimpun pendanaan mencapai Rp567 miliar, yang dipergunakan untuk membantu penanganan pandemi corona atau COVID-19.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Zakat Nana Sudiana mengungkapkan, dari anggota Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang mencapai 163 lembaga tersebut, dalam kurun waktu tujuh bulan, berhasil menghimpun dana mencapai Rp567 miliar.

"Total dana yang dihimpun oleh Forum Zakat tersebut, berasal dari seluruh anggota Organisasi Pengelola Zakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Total himpunan dana tersebut, merupakan hasil kolaborasi seluruh anggota Forum Zakat," kata Nana, usai pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) 9 Forum Zakat, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis.

Dengan dana yang terkumpul itu, lanjut Nana, membuktikan bahwa kolaborasi yang dilakukan Forum Zakat mampu memberikan dampak nyata, dalam upaya untuk menangani pandemi virus corona yang hingga saat ini masih terjadi.

"Dana ini untuk penanggulangan COVID-19, dari Aceh hingga Papua. Kolaborasi ini nyata, dan bermanfaat untuk membantu dalam banyak hal," kata Nana.

Baca juga: Erick Thohir upayakan sinergi anggota Forum Zakat
Baca juga: Forum Zakat perkuat kolaborasi pemberdayaan masyarakat


Nana menambahkan, dalam upaya untuk menangani pandemi COVID-19 seperti saat ini, perlu langkah-langkah kolaborasi, tidak hanya untuk anggota Forum Zakat saja. Akan tetapi, juga dibutuhkan kolaborasi dengan pemerintah.

"Pemerintah hadir, lembaga-lembaga sosial juga hadir membantu apa yang dilakukan pemerintah. Ini butuh kerja sama, dan kesediaan berbagi," kata Nana.

Forum Zakat merupakan asosiasi organisasi pengelola zakat se-Indonesia yang berdiri sejak 1997. Hingga hari ini, Forum Zakat memiliki 166 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebagai anggota yang tersebar di berbagai daerah.

Forum Zakat fokus mendorong optimalisasi dana zakat, agar memberikan dampak yang konkret bagi masyarakat, melalui program sosial maupun pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, dan sejalan dengan agenda pembangunan nasional.

Baca juga: Wapres ingatkan tiga tantangan pengelolaan zakat di Indonesia
Baca juga: FOZ dorong agar korban di Palestina mendapat penanganan psikososial


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres Ma’ruf dorong forum zakat turut pulihkan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar