Esteban Garcia Amoedo dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP telah saling sepakat mengakhiri hubungan kerja
Jakarta (ANTARA) - Yamaha pada Kamis mengonfirmasi Silvano Galbusera, mantan kepala kru Valentino Rossi, akan menangani Maverick Vinales menggantikan Esteban Garcia Amoedo yang telah mengakhiri kemitraan dengan tim MotoGP tersebut.

"Menyusul GP Italia, Esteban Garcia Amoedo dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP telah saling sepakat mengakhiri hubungan kerja," demikian pernyataan resmi tim.

"Silvano Galbusera akan mengambil alih peran dari Crew Chief untuk Maverick Vinales untuk sisa musim MotoGP 2021."

Esteban telah bekerja sama dengan Vinales pada 2013 dan membuahkan titel Moto3 untuk sang pebalap Spanyol pada tahun tersebut.

Garcia kemudian bergabung dengan Yamaha pada 2019 dan membantu Vinales mengemas 11 podium, empat kemenangan, tiga peringkat dua, dan empat kali peringkat tiga.

Baca juga: Vinales bawa Yamaha rajai Qatar lagi

"Mengucapkan 'selamat tinggal' kepada salah satu anggota kru kami selalu menjadi momen menyedihkan, tetapi ini adalah kesepakatan bersama berdasarkan apa yang terbaik untuk kedua pihak. Kami doakan Esteban meraih yang terbaik di masa depan," kata direktur tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli.

Setelah meraih kemenangan pertamanya di MotoGP bersama Suzuki, Vinales ditarik ke Yamaha pada 2017 dan dipasangkan dengan Ramon Forcada yang membantu Jorge Lorenzo meraih gelar juara dunia.

Menyusul tiga kemenangan di lima balapan pembuka, hubungan Vinales-Forcada malah menegang. Dan setelah kemenangan keempat diraih di Phillip Island pada 2018, keduanya berpisah, membuka jalan bagi Garcia ke Yamaha.

Baca juga: Vinales ungguli Zarco di FP1 GP Italia

Sementara Forcada hijrah ke Petronas Yamaha untuk membantu Franco Morbidelli, yang pada tahun lalu justru berhasil membawa sang pebalap Italia sebagai runner-up kejuaraan.

Sedangkan Vinales hanya mampu meraih satu kemenangan dan finis peringkat enam.

Di saat Fabio Quartararo semakin bersinar di tim pabrikan, penampilan Vinales justru meredup tahun ini.

Galbusera, yang mengambil alih peran Jeremy Burgess sebagai crew chief Rossi pada 2014, membantu the Doctor memenangi sembilan balapan dan bertarung untuk titel 2015 hingga akhir musim, sebelum akhirnya digantikan oleh David Munoz.

Galbusera kemudian sempat ditugasi membantu pengembangan motor Yamaha bersama Jorge Lorenzo dan sekarang dengan Cal Crutchlow sebelum ditarik kembali sebagai crew chief di garasi tim.

Baca juga: Morbidelli ungkap dirinya bukan prioritas bagi Yamaha
Baca juga: Yamaha rayakan 60 tahun partisipasi di Grand Prix dengan livery khusus
Baca juga: Monster Energy Yamaha luncurkan motor baru untuk musim MotoGP 2021

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021