Liga 1 Indonesia

LIB pastikan Liga 1 musim 2021-2022 mulai 10 Juli

LIB pastikan Liga 1 musim 2021-2022 mulai 10 Juli

Logo operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru. ANTARA/HO-PT Liga/pri.

Liga 1 akan dimulai 10 Juli dan Liga 2 sekitar 14 hari setelahnya
Jakarta (ANTARA) - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Liga 1 musim 2021-2022 akan dimulai 10 Juli dan berakhir pada Maret 2022.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian usai mengadakan pertemuan virtual dengan klub-klub peserta Liga 1 dan 2, Kamis (3/6).

"Liga 1 akan dimulai 10 Juli dan Liga 2 sekitar 14 hari setelahnya," ujar Akhmad Hadian kepada pewarta melalui konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Pria asal Jawa Barat itu pun menyebut bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan penyusunan jadwal dan mendistribusikannya ke tim-tim peserta.

Baca juga: LIB intensifkan persiapan Liga 1 dan 2 setelah Polri terbitkan izin
Baca juga: PSSI sambut baik terbitnya izin keramaian Liga 1 dan 2


Sementara, terkait penjadwalan, Direktur Operasional LIB Sudjarno mengatakan bahwa hal itu disesuaikan penjadwalan kegiatan klub di kompetisi AFC dan tim nasional.

"Namun untuk hal-hal lain perihal teknis liga, termasuk soal regulasi, masih akan dibicarakan dengan klub pada pertemuan berikutnya yang berlangsung tatap muka," tutur Sudjarno.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan berlangsung dengan format liga penuh, tetapi dengan sistem seri. Ada enam seri yang sudah disepakati dalam Kongres Biasa PSSI 2021 pada Sabtu (29/5) dan dilaksanakan di tiga klaster daerah di Pulau Jawa.

Baca juga: LIB: tidak ada tim Liga 1 bermain di stadion kandang

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri ketiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

Adapun Liga 2 diproyeksikan berlangsung dalam format turnamen sampai Desember 2021, di mana tim-tim peserta dibagi ke dalam empat grup.

LIB menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022, yang tetap terapkan sistem promosi-degradasi, akan bergulir tanpa penonton. Akan tetapi, Polri menyampaikan bahwa kebijakan tersebut dapat berubah sesuai kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Baca juga: LIB pastikan Liga 1 dan 2 tanpa penonton di stadion
Baca juga: PSSI: promosi-degradasi tetap berlaku di liga musim 2021-2022
Baca juga: LIB pilih fokus ke kualitas liga daripada promosi-degradasi


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Bandung izinkan Stadion GBLA gelar kompetisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar