Ratusan mahasiswa FISIP Unej bisa ikuti mata kuliah di PTN lain

Ratusan mahasiswa FISIP Unej bisa ikuti mata kuliah di PTN lain

Dokumentasi - Dekan FISIP Unej (kanan) dengan Dekan FISIP Andalas Padang menunjukkan perjanjian kerja sama secara daring hari Rabu (2/6/2021) petang. ANTARA/ HO - Humas Unej.

Kami langsung gerak cepat menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 952 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) bisa menempuh mata kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) lain yang diberikan melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu PTN yang kini bisa menjadi tujuan kuliah mahasiswa FISIP Universitas Jember adalah FISIP Universitas Andalas Padang karena kedua belah pihak setuju melakukan kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama secara daring.

"Kami langsung gerak cepat menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, namun sebelumnya memang sudah ada usaha penjajakan untuk mewujudkan kerja sama itu," kata Dekan FISIP Unej Djoko Poernomo di Jember, Kamis.

Baca juga: Sambut Hari Sepeda Sedunia, dosen Unej kampanyekan "bike to work"

Selain menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, lanjut dia, FISIP Unej juga sudah menjalin kerja sama dengan tujuh FISIP PTN lainnya di Indonesia.

Selain memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di PTN lain, Program MBKM juga memberikan kesempatan yang sama bagi dosen untuk mengajar di PTN lain.

"Saat ini saja para dosen FISIP Unej sudah mengajar sekitar 14 PTN lain di Indonesia. Para dosen kami sudah biasa di pagi hari memberi kuliah di FISIP Universitas Lampung, sore bisa mengajar di FISIP UPN Yogyakarta," tuturnya.

Ia mengatakan adanya pandemi tidak lantas membuat FISIP Unej terpuruk, namun dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi membuat kesempatan berkreasi dan bekerja sama makin luas.

Baca juga: Universitas Jember berencana buka Program Studi Magister HAM

Baca juga: Peneliti Unej kembangkan varietas padi baru berbasis plasma nutfah


Sementara Dekan FISIP Universitas Andalas, Azwar mengatakan selain membuka kesempatan pertukaran mahasiswa, pihaknya tertarik menjajaki pertukaran dosen di semester gasal tahun akademik 2021/2022.

"Ada beberapa program studi yang dosennya tengah melanjutkan studi sehingga tidak aktif mengajar. Dengan adanya kerja sama ini maka bisa mengundang dosen dari FISIP Unej untuk memberikan kuliah," katanya.

Ia menjelaskan masing-masing pihak juga punya keunggulan, misalnya di program studi tertentu yang tidak dimiliki PTN lain, seperti Program Studi Antropologi, namun tidak memiliki Program Studi Kesejahteraan Sosial seperti FISIP Unej.

"Maka melalui Program MBKM, mahasiswa bisa memperkaya khazanah pengetahuan dengan mengambil mata kuliah di luar jurusannya yang mendukung studinya. Kerja sama lintas disiplin pun terbuka bagi dosen," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa FISIP Unej bisa kuliah di tujuh FISIP PTN di Indonesia

Baca juga: 449 peserta UTBK SBMPTN Unej yang absen dinyatakan gugur

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Masih banyak PTS di Kalimantan enggan salurkan KIP Kuliah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar