Sudirman-Thamrin belum (uji coba)
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan sampai saat ini belum ada uji coba sepeda balap (road bike) di luar jalur sepeda Jalan Sudirman-Thamrin.

"Sudirman-Thamrin belum (uji coba), rencananya selain penetapan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dari pukul 05.00-08.00 WIB Sabtu Minggu, juga disepakati untuk lintasan 'road bike' di Sudirman-Thamrin pukul 05.00-06.30 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, di Jakarta, Kamis.

Rencana tersebut, kata Syafrin, terungkap dalam rapat antara Dishub dengan Polda Metro Jaya pada Senin (31/5) yang dilanjutkan dengan mempersiapkan regulasi terkait lintasan sepeda balap di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang dan ruas Sudirman-Thamrin.

Lebih lanjut, Syafrin menyebutkan bahwa untuk di Sudirman-Thamrin, akan disediakan jalur khusus bagi sepeda balap, namun posisinya masih dikaji apakah akan dibuat di kanan atau kiri jalan protokol utama DKI tersebut.

"Itu juga yang sedang kami kaji, termasuk penandanya. Tapi kalau mengacu pada UU 22 Tahun 2009 (tentang LLAJ), maka untuk lajur paling kanan diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan tinggi," ucapnya.

Baca juga: Soal jalur khusus "road bike", Anies sebut penggunaannya dibatasi

Sementara itu, untuk lintasan sepeda balap pada lintasan JLNT Kampung Melayu- Tanah Abang, Syafrin menyebutkan bahwa pada Minggu mendatang masih akan diuji coba lagi untuk digunakan oleh pengguna sepeda balap (road bike).

"Kemudian yang Sudirman-Thamrin saat ini sedang disiapkan regulasinya, sekaligus hal-hal teknis operasional pelaksanaan," tuturnya.

Syafrin menambahkan bahwa untuk uji coba di Sudirman Thamrin sendiri nantinya akan diumumkan jika segala sesuatunya telah siap.

"Biasanya oleh pak gubernur setelah seluruhnya aspek teknis siap baru diumumkan semuanya, dan saat itu di Sudirman-Thamrin akan segera diujicobakan," ucapnya.

Baca juga: Wagub DKI : Uji coba "road bike" Sudirman-Thamrin disepakati Polda

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021