Baubau, Sultra (ANTARA News) - Ratusan penumpang KM Riko Saputra tujuan wanci Baubau-Wanci, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang hendak mudik lebaran terpaksa harus di evakuasi karena kapal tersebut mengalami kerusakan mesin.

Para penumpang terkatung-katung di tengah laut di perairan Pantai Lakeba Kota Bau-bau selama 10 jam, akibat kapal yang mereka tumpangi tidak dapat melanjutkan pelayaran.

Keseluruhan penumpang KM Riko Saputra berhasil dievakuasi oleh tim SAR Baubau ke salah satu kapal penumpang yang kebetulan melintas di lokasi teresebut.

Kapten Kapal KM Riko Saputra, La Nurwance di Baubau, Sabtu mengatakan, kapal miliknya bertolak dari pelabuhan Baubau sekitar pukul 10 Jumat (3/9) malam menuju wanci wakatobi, namun tiba-tiba mesin kapal mati.

"Sekitar 1 jam setelah meninggalkan pelabuhan Baubau mesin kapal mengalami kerusakan yang cukup parah hingga terpaksa tidak dapat melanjutkan pelayaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Tim Sar Baubau, Basrano, mengatakan, proses evakuasi penumpang KM Riko Saputra berlangsung lamban, karena jumlah penumpang cukup banyak.

"Kami terpaksa menunggu kapal yang melintas di lokasi tersebut. Beruntung ada kapal lain yang kebetulan lewat, dan proses evakuasi penumpang," katanya.

Setelah selesai proses evakuasi seluruh penumpang, para penumpang dikembalikan ke Pelabuhan Baubau hingga malam hari. Tim sar mengawal kapal evakuai tersebut sampai di pelabuhan Baubau guna menjaga hal-hal yang tidak di inginkan.(*)
(ANT-175/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010