Wapres: Sertifikat halal penting hasilkan nilai tambah produk

Wapres: Sertifikat halal penting hasilkan nilai tambah produk

Tangkapan layar Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara Silaturahim bersama Pengurus Pusat (PP) MES di Gedung The Tower Jakarta, Jumat (4/6/2021). (Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan sertifikat halal memberikan nilai tambah pada sebuah produk dan menjadikan barang tersebut mampu bersaing di pasar global.

"Sertifikasi halal merupakan salah satu aspek penting yang akan memberikan nilai tambah produk serta berpengaruh signifikan pada persaingan produk halal di pasar global," kata Wapres Ma’ruf saat menghadiri acara Silaturahim bersama Pengurus Pusat (PP) MES di Gedung The Tower Jakarta, Jumat.

Sertifikat halal itu pula yang dapat mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal global, sehingga perlu langkah konkret yang saling bersinergi dari berbagai pelaku industri.

Baca juga: Wapres minta Indonesia ekspansi pasar fesyen halal ke tingkat dunia

Wapres juga mendorong kerja sama antara MES dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk lebih banyak melakukan sertifikasi halal bagi produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di berbagai daerah.

"Kerja sama antara MES dan BPJPH menjadi langkah strategis untuk pengembangan sertifikasi produk halal UMKM. Sekali lagi, kita memerlukan langkah-langkah konkret yang saling bersinergi untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal dunia," jelasnya.

Wapres juga meminta berbagai pihak terkait juga harus mengutamakan sosialisasi tentang proses sertifikasi dan regulasi halal di berbagai negara tujuan ekspor produk Indonesia.

Baca juga: Wapres minta peningkatan ekspor produk halal global ke OKI

Pemerintah juga terus memperluas akses pasar produk halal di luar negeri serta mendukung pengembangan industri halal melalui penetapan kebijakan bea cukai dan perpajakan yang tepat dan sesuai dengan nilai syariah.

"Pemerintah juga berupaya agar kebijakan terkait fasilitas bea cukai dan perpajakan dapat diberikan secara tepat untuk mendukung pengembangan industri halal," katanya.

Turut hadir dalam acara Halal Bihalal PP MES tersebut ialah Ketua Dewan Penggerak MES Mahfud MD, Ketua Dewan Penyantun MES Arsjad Rasjid, Ketua Dewan Pakar MES Perry Warjiyo dan Ketua Umum MES Erick Thohir.

Baca juga: Wapres: Indonesia mampu jadi produsen produk halal terbesar di dunia

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar