Jakarta (ANTARA) - Sekitar 14.000 suporter sepakbola dibolehkan menyaksikan langsung pertandingan-pertandingan Euro 2020 di Stadion Allianz Arena di Muenchen bulan ini jika tingkat infeksi Covid-19 di negara bagian Bavaria tetap serendah seperti saat ini, kata Menteri Utama Bavaria Markus Soeder seperti dikutip Reuters, Jumat.

"Kami yakin boleh saja diisi sekitar 20 persen, kira-kira 14.000 orang (di dalam stadion itu)," kata Soeder dalam satu jumpa pers. "Euro itu situasi yang spesial."

"Kami mencermatinya dengan hati-hati. Ini bisa menjadi proyek percontohan dan uji coba untuk olahraga profesional lainnya. Ini uji coba yang luar biasa."

Baca juga: Mengenal skuad empat tim Grup C Euro 2020
Baca juga: Bahaya bagi Inggris saat Alexander-Arnold terpincang-pincang


Jerman tidak bisa memberikan jaminan jumlah minimum penonton seperti diminta badan sepakbola Eropa UEFA manakala kota itu dipastikan menjadi salah satu tuan rumah Euro.

Allianz Arena akan menjadi tempat berlangsungnya tiga pertandingan Jerman dalam Grup F, masing-masing melawan juara dunia Prancis pada 15 Juni, juara bertahan Portugal empat hari kemudian dan Hungaria pada 23 Juni.

Stadion itu juga akan menjadi tuan rumah salah satu pertandingan perempatfinal.

Baca juga: Pau Torres percaya De Gea tak terpengaruh kutukan penalti
Baca juga: Artyom Dzyuba pimpin skuad Rusia


Euro 2020 ditunda satu tahun gara-gara pandemi Covid-19 dan akan mulai digelar 11 Juni sampai 11 Juli di 11 kota penyelenggara di seluruh benua Eropa.

Jumlah kasus Covid-19 di Jerman menurun dalam beberapa pekan terakhir ini. Pada Jumat pemerintah setempat mengumumkan 3.165 kasus terkonfirmasi di seluruh negeri.

Baca juga: Mason Greenwood mundur dari timnas Inggris jelang Euro karena cedera
Baca juga: Thierry Henry kembali jadi staf pelatih timnas Belgia untuk Euro 2020


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021