Jakarta (ANTARA News) - China yang meloloskan empat finalis pada turnamen Grand Prix Gold Bitburger Terbuka, meraih gelar dengan jumlah yang sama dalam kejuaraan berhadiah 120.000 dolar AS itu.

Pada final kejuaraan yang digelar di Saarbruecken, Jerman, Minggu malam WIB itu, satu-satunya gelar yang tidak direbut China adalah ganda putra.

Unggulan teratas Mathias Boe/Carsten Mogensen dari Denmark meraih kemenangan dengan menundukkan pasangan tuan rumah Jerman Ingo Kindervater/Johannes Schoettler 21-16, 21-16.

Unggulan kelima Zhang Nan/Zhao Yunlei menyumbang gelar pertama bagi Negeri Tirai Bambu dengan membukukan kemenangan pada final ganda campuran atas pasangan Jerman Michael Fuchs/Birgit Overzier 22-20, 21-9.

Kemudian Liu Xin meraih mahkota tunggal putri dengan mengungguli pemain Macau Wang Rong 21-16, 21-10. Diikuti gelar ganda putri melalui pasangan Pan Pan/Tian Qing setelah pasangan non-unggulan itu mengalahkan unggulan kedua Lotte Jonathans/Pauline Van Dooremalen dari Belanda 21-7, 21-10.

Unggulan teratas tunggal putra Chen Long menggenapi empat gelar bagi China dengan menyisihkan unggulan delapan Hans-Kristian Vittonghus dari Denmark 21-3, 12-21, 21-9.

Sementara bagi Indonesia hasil terbaik yang diraih pebulu tangkis Merah Putih dalam turnamen itu adalah mencapai semifinal yang diraih pasangan putri Komala Dewi/Kesya Nurvita Hanadia.

Ganda putri pelapis Pelatnas itu kandas di babak empat besak setelah kalah oleh pasangan China Pan Pan/Tian Qing 21-12, 21-19.  (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010