Jakarta (ANTARA) - Kawhi Leonard mencetak 45 poin yang ditambah 25 poin oleh Reggie Jackson ketika Los Angeles Clippers memelihara asa playoffnya dengan memenangkan gim keenam 104-97 atas tuan rumah Dallas Mavericks, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), sehingga memaksa gim ketujuh atau terakhir dimainkan untuk menentukan pemenang laga babak pertama playoff Wilayah Barat antara kedua tim.

Paul George membukukan 20 poin ditambah 13 rebound ketika Clippers mengatasi defisit tujuh poin pada kuarter ketiga yang sekaligus membalas kekalahan di kandang sendiri pada gim kelima sehingga kedudukan seri playoff kedua tim menjadi 3-3.

Keenam pertandingan pertama seri playoff mereka ini dimenangkan saat kedua tim bermain tandang yang merupakan pertama kali terjadi dalam sejarah playoff NBA.

Baca juga: Mavericks unggul sementara 3-2 atas Clippers

Luka Doncic mengemas 29 poin dan 11 assist untuk Mavericks yang akan memperoleh kesempatan keduanya untuk lolos Minggu malam waktu setempat atau Senin WIB pekan depan di Los Angeles. Tim Hardaway Jr menyumbangkan 23 poin untuk Dallas yang berusaha menuntut balas atas kekalahan mereka pada babak pertama playoff musim lalu dari Clippers.

Leonard mendominasi pada laga ini dengan menciptakan poin terbanyak playoff di antara kedua tim. Dia memasukkan 18 dari total 25 lemparan dalam bidang yang juga merupakan upaya terbanyak dalam playoff kedua tim, dan berhasil pada lima dari sembilan lemparan tiga angka yang dia lepaskan.

Doncic sendiri lebih suka berlaku sebagai penyalur bola sampai-sampai menciptakan assist dua digit pada kuarter ketiga. Dia hanya mencetak 17 poin sampai lima menit tersisa pertandingan ini setelah mencetak 42 poin pada gim kelima.

Baca juga: Booker borong 47 poin saat Suns tendang Lakers dari playoff

Ketika Clippers memimpin 90-88 saat waktu tinggal tiga menit lagi, Leonard melepaskan jumper jauh yang diikuti dua lemparan tiga angkat berturut-turut pada saat menentukan ketika Los Angeles mengubah kedudukan 99-90 dalam 1 menit 41 detik terakhir.

Mavericks memimpin 77-73 pada awal kuarter keempat sebelum Clippers melesat 90-85 pada lima menit tiga detik terakhir berkat dunk Nicolas Batum. Doncic menyusulnya dengan sebuah lemparan tiga angka yang pertama pertama dalam gim ini ketika waktu tinggai 4 menit 41 detik yang membuat Dallas mendekat sebelum diintervensi Leonard.

Pertahanan Clippers menjadi penentu kemenangan setelah membuat Mavericks hanya 41,6 persen memasukkan lemparan dalam gim ini dan bahkan cuma efektif 29,2 persen pada kuarter keempat, demikian dilaporkan Reuters.

Baca juga: Nikola Jokic bawa Nuggets lolos ke semifinal Wilayah Barat
Baca juga: Jazz lolos ke semifinal Wilayah Barat usai tekuk Grizzlies 126-110
Baca juga: Trae Young cetak 36 poin saat Hawks singkirkan Knicks

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021