Pemprov DKI fasilitasi sepeda untuk alat transportasi

Pemprov DKI fasilitasi sepeda untuk alat transportasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (baris kiri depan), Duta Besar Belanda Lambert Grijns (baris kiri kedua), perwakilan negara sahabat, beserta rombongan menyapa komunitas sepeda dan masyarakat di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Kamis (3/6/2021). Mereka semua melaksanakan kegiatan bersepeda bareng dengan rute Bundaran Senayan, Bendungan Hilir, Dukuh Atas, Bundaran HI dan Balai Kota Jakarta dalam menyambut Hari Sepeda Sedunia. ANTARA/Ricky Prayoga/aa.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa pemerintah provinsi (pemprov) akan terus memberikan fasilitas agar sepeda dapat digunakan sebagai alat transportasi masyarakat.

Anies Baswedan mengatakan saat ini Pemprov DKI telah membuat jalur bagi pesepeda di sejumlah ruas jalan agar masyarakat dapat memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi.

"Jadi jalur sepeda dibangun sejak tahun 2018 adalah untuk semua kegiatan sepeda. Kita ingin masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bukan 'sport'," kata Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu.

Anies Baswedan menyampaikan bahwa pernyataan itu sekaligus menjawab mengenai polemik yang tengah terjadi saat ini antara pengendara kendaraan bermotor dengan pengguna sepeda balap (road bike)

"Gubernur DKI sudah mengatakan tentang sepeda sebagai alat transportasi sudah lama sekali. Sementara kalau kegiatan 'road bike' itu 'sport'. Padahal yang kita mau fasilitasi sepeda sebagai alat transportasi, bukan sebagai alat 'sport'," ujar Anies.

Baca juga: Anggota DPRD ingatkan kebijakan lintasan "road bike" jangan buru-buru
Baca juga: Soal jalur khusus "road bike", Anies sebut penggunaannya dibatasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersepeda saat berangkat kerja menuju kantornya di Jakarta, Kamis (3/6/2021). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc
Menurut Anies, ada perbedaan ketika sepeda digunakan sebagai alat transportasi dan saat digunakan untuk kebutuhan olahraga atau sekadar hobi.

"Kalau sepeda sebagai alat 'sport' itu hobi, cuma sebentar paling satu jam, dua jam. Kalau transportasi sepanjang hari. Jadi saya menganjurkan pakai sepeda ke tempat kerja," kata Anies.

Anies mengatakan saat ini yang paling penting dan perlu dipegang oleh semua masyarakat pengguna jalan adalah rasa saling menghormati satu sama lain.

"Kita menggunakan jalan itu bersama, sadari bahwa jalan itu milik kita semua. Pejalan kaki melalui trotoar, untuk sepeda lewat jalur sepeda, untuk bermotor ada jalur sendiri," ujar Anies.

"Jadi ini bukan soal remeh remeh, ditilang atau enggak, tapi mari kita belajar menghormati semua jenis alat transportasi dari mulai kaki sampai alat kendaraan motor besar," katanya 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar