Belitung,Babel (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menanam sebanyak 100 bibit mangrove di pesisir dermaga Kubu Bernipah Desa Air Saga, Tanjung Pandan, Belitung, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Kepala DLH Kabupaten Belitung, Edi Usdianto di Tanjung Pandan, Sabtu, mengatakan kegiatan lainnya dengan aksi bersih-bersih sampah di destinasi wisata setempat.

"Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia kami juga mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan penanaman satu pohon satu rumah," ujarnya.

Ia menjelaskan, tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 adalah Ecosystem Restoration dengan kampanye Reimage, Recreate dan Restore.

Baca juga: Berjibaku merestorasi mangrove di Suaka Margasatwa Muara Angke

Baca juga: BRGM: Generasi muda mitra penting restorasi gambut dan mangrove


Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan dari ancaman kerusakan terutama Belitung yang telah ditetapkan sebagai kawasan Unesco Global Geopark (UGG).

"Terutama kepada masyarakat Belitung khususnya penambang jangan lagi menambang di kawasan-kawasan terlarang terutama kawasan hutan mangrove," katanya.

Mulai tahun ini pihaknya juga memiliki program restorasi atau pemulihan lahan kritis.

"Salah satunya di desa Air Saga karena kami melihat dukungan sektor pariwisata di sini sudah meningkat terutama wisata mangrove," katanya.*

Baca juga: KKP ungkap manfaat sistem RAS dan mangrove bagi budi daya ikan

Baca juga: Kejati Sulbar menahan tersangka korupsi proyek tutupan lahan mangrove

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021