Jakarta (ANTARA) - Unggulan kedelapan Roger Federer mampu mengatasi tantangan berat di babak ketiga French Open dengan mengalahkan petenis Jerman Dominik Koepfer 7-6(5), 6-7(3), 7-6(4), 7-5 yang diselesaikan dalam waktu tiga jam 39 menit di Paris, Sabtu malam.

Unggul di set pembuka, bintang tenis asal Swiss itu berada dalam tekanan saat Koepfer mengamankan set kedua dan sempat memimpin 4-2 di set ketiga.

Federer bersusah payah untuk kembali mengambil kendali dan mengamankan kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari waktu Paris, demikian laporan ATP Tour menyebutkan.

Baca juga: Federer atasi tantangan Cilic menuju babak ketiga French Open

Sebelum pertemuannya dengan Federer di babak ketiga, Koepfer bersumpah bahwa ia tidak hanya akan bertanding, tapi akan membawa perlawanan berat kepada pemegang 20 gelar Grand Slam itu.

Tapi pengalaman yang dimiliki Federer memberikan jawaban di saat-saat penentuan. Pukulan yang variatif dan pertahanan solid ditampilkan Federer untuk menjaga Koepfer tetap di bawah tekanan.

Baca juga: Federer tak kepikiran bisa menang di Roland Garros

Kemenangan ini mengantarkan Federer maju ke babak 16 besar di ajang Grand Slam untuk ke-68 kalinya, memperpanjang rekor sepanjang masa untuk penampilan babak 16 besar di turnamen mayor.

Federer selanjutnya akan menghadapi unggulan kesembilan Matteo Berrettini di babak 16 besar. Petenis Italia itu mengalahkan Soonwoo Kwon dari Korea Selatan 7-6(6), 6-3, 6-4 untuk maju ke babak 16 besar di Grand Slam tanah liat untuk pertama kalinya.

Baca juga: Nadal ke babak keempat French Open setelah benamkan Norrie
Baca juga: Sinner bertemu "Raja Tanah Liat" di 16 besar French Open 2021
Baca juga: Emosi warnai kemenangan Tsitsipas di babak ketiga French Open
Baca juga: Djokovic bukukan kemenangan babak ketiga French Open 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021