akan ada petugas gabungan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya yang berjaga untuk mengawasi pelaksanaan uji coba tersebut
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pelaksanaan uji coba sepeda sebagai alat transportasi akan berlangsung sepekan di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Senin (7/6).

Syafrin mengatakan untuk tahap pengujian awal, sepeda akan dicoba melintasi lajur paling kiri jalan protokol tersebut selama satu setengah jam, mulai pukul 05.00 sampai 06.30 WIB.

Baca juga: Pemprov DKI edukasi perkantoran agar sediakan parkir sepeda

"Uji coba tahap awal akan dilakukan saat hari kerja seminggu ke depan, dari Senin sampai Jumat. Jika di sana ada tiga lajur, dua lajur kendaraan bermotor di satu lajur pada jam 05.00 sampai 06.30, itu difokuskan pada kegiatan bersepeda," ujar Syafrin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Setelah pukul 06.30 WIB, pengguna sepeda akan kembali diarahkan masuk ke dalam jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.

Baca juga: Pemprov DKI fasilitasi sepeda untuk alat transportasi

Selama masa uji coba tersebut, jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor di jalan Sudirman-Thamrin tidak akan diberi pembatas tambahan.

Namun, Syafrin mengonfirmasi akan ada petugas gabungan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya yang berjaga untuk mengawasi pelaksanaan uji coba tersebut.

Baca juga: Anggota DPRD ingatkan kebijakan lintasan "road bike" jangan buru-buru

Tapi, demi kondisi keselamatan dan keamanan dan kenyamanan bersama, Syafrin mengimbau agar setiap pengguna jalan dapat bertenggang rasa, sehingga saling menghargai sesama pengguna jalan yang melintas di jalan raya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021