Warga serahkan senjata api kepada Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Warga serahkan senjata api kepada Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Warga Desa Tubu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT diwakili tokoh adat setempat menyerahkan senjata api berjenis senapan tumbuk kepada perseonel TNI-AD dari Satgas Pamtas RI-Timor Leste. (ANTARA/HO-Satgas Pamtas RI-Timor Leste)

Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste kembali menerima satu pucuk senjata api yang diserahkan warga Desa Tubu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

"Senjata api berjenis senapan tumbuk diserahkan warga bapak AN (72) di Pos Ninulat," kata Komandan Satgas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto ketika dikonfirmasi, Ahad.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste bagi kaos Merah-Putih di Hari Pancasila

Kepemilikan senjata api itu diketahui bermula dari kegiatan pembangunan rumah adat di Desa Tubu yang dilakukan secara bergotong royong antara personel satgas pamtas dengan masyarakat setempat.

Dalam perbincangan, warga AN menyampaikan bahwa di rumah adat tersebut terdapat senjata api jenis senapan tumbuk yang sudah lama disimpannya.

Kepemilikan senjata api itu belum pernah dilaporkan kepada pihak berwajib dikarenakan yang bersangkutan mengaku merasa takut melapor, katanya.

"Jadi ketika anggota satgas pamtas hendak pamit pulang setelah selesai membantu pembangunan rumah adat, AN menahan mereka dan dan menyampaikan bahwa ia menyimpan senjata api," katanya.

Baca juga: Warga menyerahkan 10 pucuk senjata api ke Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Saat ini senjata api tersebut telah diserahkan melalui tokoh adat dan sudah diamankan di Pos Ninulat dan selanjutnya akan diserahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Barat.

Andang Radianto mengapresiasi kesadaran warga yang secara suka rela menyerahkan senjata api untuk diamankan secara baik serta personel satgas pamtas yang juga terus mengedukasi warga.

Penyerahan senjata api oleh warga ini bukan baru pertama kali, namun juga dilakukan sebelumnya di beberapa desa di wilayah perbatasan

Satgas Pamtas RI-Timor Leste mencatat sudah 12 pucuk senjata api yang sebelumnya diserahkan warga di wilayah perbatasan di sejumlah kabupaten yaitu Timor Tengah Utara, Malaka, dan Kabupaten Kupang.

Baca juga: Warga serahkan senjata api rakitan ke Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Baca juga: Warga serahkan puluhan peluru aktif ke Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mata Indonesia: Berdaya dengan rumput laut - Bagian 1

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar