Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Lampung mencatat penambahan pasien COVID-19 di Lampung 94 orang dimana 76 diantaranya merupakan kasus baru dan 14 lainnya didapatkan dari hasil penelusuran (tracing).

"Tambahan kasus COVID-19 ada 94 orang, 76 kasus baru dan 18 hasil dari tracing. Dari 94 kasus itu yang isolasi mandiri 69 pasien dan dirawat 25 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Minggu.

Dia menyebutkan ke 94 pasien COVID-19 itu didapatkan dari 12 daerah yakni Kabupaten Lampung Utara dengan 24 kasus, Pesawaran 18, Kota Bandarlampung 13, Metro empat, Kabupaten Tanggamus delapan.

Kemudian, lanjut dia, Kabupaten Pringsewu tujuh, Lampung Timur enam, Lampung Tengah enam, Tulangbawang empat, Mesuji dua, Lampung Barat satu dan Lampung Selatan satu pasien.

"Dengan tambahan 94 kasus ini total orang yang sudah terinfeksi COVID-19 di Lampung sebanyak 18.375," kata dia.

Baca juga: Dinkes Lampung aktifkan Posbindu tekan kematian lansia akibat COVID-19
Baca juga: Kasus kematian akibat COVID-19 Lampung tambah 6 jadi 1.033 kasus


Selain itu, Reihana pun menyebutkan bahwa kasus kesembuhan dari COVID-19 di Lampung hingga kini berjumlah 16.719 usai terdapat 66 pasien yang dinyatakan selesai isolasi.

Sedangkan, lanjut dia, kasus kematian akibat terinfeksi COVID-19 di provinsi ini mengalami penambahan dua orang sehingga total orang yang telah meninggal dunia akibat terserang virus corona berjumlah 1.043.

"Kasus kematian hari ini dua orang masing-masing satu warga Lampung Utara dan Pesawaran. Dengan tambahan dua orang yang meninggal dunia angka kematian di Lampung kini berada di 5,57 persen," kata dia.

Dia pun mengingatkan masyarakat agar terus waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketat saat melakukan aktivitas sebab pandemi COVID-19 masih belum berakhir.

"Dalam dua Minggu terakhir angka reproduksi efektif (rt) di Lampung masih terus berfluktuasi antara 0,30 sampai dengan 1,10 atau masih berada di atas angka satu yang artinya pandemi belum sepenuhnya terkendali," kata dia.

Baca juga: Dinsos Lampung mulai data ODGJ untuk peroleh vaksinasi COVID-19
Baca juga: Ditemukan 1.296 kasus positif COVID-19 selama penyekatan di Lampung

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021