Jakarta (ANTARA) - Kawhi Leonard membukukan 28 poin dan 10 rebound ketika Los Angeles Clippers memanfaatkan serangan berimbang guna mengalahkan Dallas Mavericks 126-111 dalam gim ketujuh babak pertama playoff NBA Wilayah Barat yang satu-satunya tersisa, Minggu (Senin WIB).

Marcus Morris Sr memasukkan 23 poin dan Paul George menyumbangkan 22 poin serta 10 assist ketika unggulan keempat Clippers melangkah ke semifinal Wilayah Barat menghadapi Utah Jazz. Los Angeles menjadi tim keenam dalam sejarah NBA yang kalah dalam dua gim pertamanya di kandang namun masih bisa lolos.

Pertandingan ini pertama kali terjadi dalam seri playoff tim kandang keluar sebagai pemenang. Ini juga pertama kali dalam sejarah NBA tim tandang memenangkan enam gim pertama playoff.

Luka Doncic membukukan 46 poin dan 14 assist dalam gim ketujuh pertama dalam karir playoffnya namun tak mampu membawa Mavericks melewati garis finis. Dallas kalah dari Clippers dalam babak pertama playoff untuk dua musim berturut-turut.

Baca juga: 45 poin Leonard bawa Clippers paksa Mavs mainkan gim terakhir
Baca juga: Hawks sikat 76ers di gim pertama semifinal Wilayah Timur

Dorian Finney-Smith mengemas 18 poin dan 10 rebound, sedangkan Kristaps Porzingis mencetak 16 poin dan 11 rebound untuk Mavericks yang memiliki dua kesempatan untuk menutup seri ini. Mereka kalah di kandang sendiri dengan 104-97 pada gim keenam Jumat pekan lalu.

Tertinggal 76-81 pada enam menit 53 detik tersisa kuarter ketiga, Clippers melesat 21-2 untuk unggul 97-83 untuk mendesak keunggulan dua digit untuk pertama kali dalam pertandingan ini. Mereka menutup kuarter ketiga saat melesat 24-4 untuk memimpin 100-85.

Doncic kian memanas pada babak kedua ketika dia mencetak 29 poin pada paruh pertama setelah berhasil 10 pada 14 lemparan, termasuk empat dari total enam lemparan tiga angka yang dia lepaskan. Namun dia hanya mengemas enam poin dalam kuarter ketiga yang menentukan dan tak berhasil pada satu pun lemparan tiga angka setelah itu.

Clippers memperlebar keunggulan sampai 19 poin pada kedudukan 106-87 saat waktu tinggal 9 menit 20 detik berkat sepasang lemparan bebas yang dieksekusi Leonard. Mavericks lalu membuat upaya terakhirnya untuk menyusul sampai defisit angka menipis hingga tujuh poin dalam kedudukan 114-107 ketika waktu tersisa 2 menit 6 detik berkat sumbangan lemparan tiga angka Doncic.

Namun Reggie Jackson membalas dengan sebuah lemparan tiga poin untuk mengubah kedudukan 117-107 untuk Clippers yang setelah itu tak terhentikan untuk merampas gim terakhir ini.

Jackson mencetak 15 poin, sedangkan Terance Mann menambahkan 13 poin untuk Clippers yang 50 persen efektif memasukkan dalam bidang tembakan atau 41 dari total 82 lemparan. Nicolas Batum dan Luke Kennard masing-masing mempersembahkan 11 poin.

Boban Marjanovic mencetak 14 poin dan 10 rebound untuk Mavericks, ditambah 11 poin dari Tim Hardaway Jr, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Brooklyn Nets rebut gim pertama semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Nikola Jokic bawa Nuggets lolos ke semifinal Wilayah Barat
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021