Kualifikasi Piala Dunia 2022

Shin Tae-yong optimistis tatap laga kontra Vietnam

Shin Tae-yong optimistis tatap laga kontra Vietnam

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (kelima dari kiri) memimpin latihan skuadnya di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (20/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab yaitu melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021, dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021. (ANTARA/HO-PSSI/am.)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong optimistis menatap laga ketujuh skuadnya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Senin (7/6) malam waktu setempat.

Dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Senin, juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut anak-anak asuhnya dalam kondisi percaya diri setelah berhasil menahan imbang Thailand 2-2 dalam pertandingan sebelumnya.

"Pada pertandingan melawan Thailand, semua pemain sangat bekerja keras. Itu membuat mereka percaya diri," ujar Shin.

Baca juga: Menpora senang Indonesia tahan imbang Thailand 
Baca juga: PSSI: imbang kontra Thailand modal bagus hadapi Vietnam dan UEA 


Meski demikian, Shin Tae-yong menyadari Vietnam adalah tim yang sulit ditaklukkan. Saat ini, Vietnam menduduki peringkat pertama Grup G tanpa pernah sekali pun disentuh kekalahan.

"Dari sisi organisasi permainan, Vietnam sangat baik. Saya sudah melihat pertandingan mereka. Vietnam memiliki kekuatan seimbang dalam menyerang dan bertahan," tutur Shin.

Gelandang serang timnas Indonesia Egy Maulana Vikri juga mengakui timnas memiliki kepercayaan diri tinggi setelah laga versus Thailand.

Egy pun memastikan setiap nama dalam skuad Garuda siap mati-matian di lapangan saat berhadapan dengan Vietnam nanti.

"Setiap orang di tim pasti akan memberikan yang terbaik. Kami berharap mendapatkan hasil positif," ungkap Egy.

Pada pertemuan pertama di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Bali, Indonesia takluk 1-3 dari Vietnam.

Catatan pertemuan kedua tim setidaknya sejak tahun 2001 memperlihatkan Indonesia tampil dominan atas Vietnam. Dalam rentang waktu itu, skuad Garuda hanya kalah dua kali dari Vietnam.

Baca juga: Shin: Indonesia taklukkan Vietnam jika bermain seperti lawan Thailand 

Namun, dalam empat tahun terakhir sepak bola Vietnam mengalami kemajuan pesat. Faktor utamanya, yaitu penunjukan pelatih asal Korea Selatan Park Hang-seo.

Di level U-23, ia mengantarkan Vietnam menuju final Piala Asia U-23 2018 dan merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2019. Selain itu, Park juga berhasil membawa timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 dan melaju ke perempat final Piala Asia 2019.

Laga Indonesia melawan Vietnam akan menjadi kesempatan pertama bagi Shin Tae-yong dan Park Hang-seo bersua sebagai pelatih di tim nasional. 

Baca juga: Shin Tae-yong ingin bertepuk tangan untuk pemain timnas Indonesia 
Baca juga: Ryuji Utomo pastikan absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia 
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sutjiati tinggalkan timnas AS untuk bela Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar