ASTINDO siap gelar Munas Bandung secara hibrida

ASTINDO siap gelar Munas Bandung secara hibrida

Munas ASTINDO Bandung 2021. (ANTARA/ASTINDO)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) siap menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) yang kelima pada Selasa (8/6) secara hibrida karena pandemi COVID-19.

"Sejalan dengan situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, Munas ASTINDO kali ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu perpaduan hadir secara langsung dan hadiri secara virtual, dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah," kata Ketua Umum ASTINDO periode 2016-2020 Elly Hutabarat melalui keterangannya, Senin.

Lebih lanjut, Elly mengatakan Munas kali ini mengusung tema “Profesionalisme dan Semangat Gotong Royong ASTINDO Mengawal Pemulihan Pariwisata Indonesia”. Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dan Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Baca juga: Dampak sederet syarat kunjungan ke Bali bagi pelaku sektor pariwisata

Munas ASTINDO yang digelar di eL Hotel Royale, Bandung dan secara daring ini juga akan memilih Ketua Umum untuk memimpin ASTINDO selama empat tahun ke depan, yaitu 2021 hingga 2025, dengan agenda lainnya adalah membahas dan menetapkan program kerja untuk pengurus berikutnya.

Ada pun sosialisasi dan pendaftaran bakal calon ketua umum dilakukan secara daring sejak tanggal 10 Mei 2021 sampai dengan 24 Mei 2021. Verifikasi terhadap bakal calon yang memenuhi syarat telah dilakukan oleh tim verifikator, dan hasilnya telah disampaikan kepada anggota melalui DPD nya masing-masing.

Seluruh DPD sepakat mendukung calon tunggal yang telah lolos verifikasi tersebut yaitu Pauline Suharno untuk diusung menjadi ketua umum periode berikutnya.

Ketua Panitia Pengarah (SC) Munas ASTINDO Anton Sumarli, Munas ASTINDO di Bandung kali ini akan diikuti oleh anggota Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan perwakilan Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari 23 provinsi di Indonesia yang hadir secara langsung dengan maksimal jumlah peserta 100 orang, dan 300 peserta lainnya akan hadir secara virtual.

ASTINDO sendiri menyelenggarakan Munas setiap empat tahun sekali sesuai aturan main pada AD/ART asosiasi, dengan kriteria kandidat Ketua Umum dipilih dari pimpinan Travel Agent anggota ASTINDO yang pernah menjadi pengurus ASTINDO minimal dua tahun.

Lebih lanjut, memiliki jaringan kerjasama baik didalam maupun diluar negeri, serta memiliki wawasan luas dan mampu berperan aktif mewakili ASTINDO di level nasional maupun internasional. Ketua umum terpilih nantinya diharapkan dapat berperan dalam membangkitkan kembali industri pariwisata.

Baca juga: Keterlibatan agen perjalanan bisa gerakkan geliat pariwisata

Baca juga: Tren "staycation" di libur panjang sasar segmen keluarga

Baca juga: Vaksin bisa jadi angin segar bagi sektor pariwisata 2021

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Paket wisata harga miring di Astindo Travel Fair

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar