Jakarta (ANTARA) - Telkomsel sejak akhir Mei lalu menggelar layanan 5G untuk komersial, yang berdasarkan uji coba di lapangan menembus kecepatan di atas 500MBps.

ANTARA pada Senin, menguji coba langsung 5G di dua lokasi di Jakarta, masing-masih menawarkan kecepatan yang beragam.

Untuk merasakan layanan 5G Telkomsel, masyarakat harus menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 5G di spektrum frekuensi 2,3GHz dan membeli paket Hyper 5G, yang saat ini baru tersedia untuk pelanggan tertentu.

Lokasi pertama berada di kawasan Widya Chandra, di baguan belakang kompleks perkantoran Telkom Indonesia.
 
Berdasarkan hasil uji coba menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla di ponsel OPPO Reno5 5G, kecepatan jaringan 5G Telkomsel di kawasan tersebut bervariasi. Kecepatan tertinggi saat ANTARA mencoba jaringan generasi terbaru tersebut berada di angka 516MB per detik untuk kecepatan unduh (download), sementara yang terendah di 467MBps.

Baca juga: Kominfo minta manfaatkan 5G untuk hal positif

Baca juga: Selamat datang 5G

Kecepatan unggah atau upload di Widya Chandra sebesar 79,7MBps.

Sementara latensi yang ditawarkan 5G dari Telkomsel di area tersebut sebesar 19 milidetik.

Lokasi kedua yang menjadi tempat uji coba berada di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, di gerai mini GraPARI.

Di sana, ANTARA mendapatkan kecepatan unduh atau download 5G tertinggi sebesar 574MBps, sementara terendah 337MBps.

Kecepatan unggah (upload) di Bandara Soekarno-Hatta berada di kisaran 74MBps.

Latensi jaringan 5G di area tersebut berada di angka 18 hingga 19 milidetik.

Kecepatan jaringan, termasuk 5G, di suatu area dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya berapa banyak perangkat yang mengakses jaringan di lokasi pada waktu yang sama.

Sebagai perbandingan, rata-rata kecepatan jaringan 4G operator seluler di Indonesia sebesar 17,33MB per detik menurut data dari Speedtest Global Index pada awal tahun ini. 
 
Telkomsel meluncurkan layanan 5G pada 27 Mei lalu, merupakan layanan 5G komersial pertama di Indonesia.

Pada tahap awal penggelaran 5G, layanan tersebut baru bisa dinikmati secara terbatas di enam lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Lokasi yang saat ini sudah mendapat layanan 5G berada di wilayah Widya Chandra, GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kelapa Gading, Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk, serta Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera di Tangerang Selatan.

Telkomsel baru-baru ini meresmikan jaringan 5G di Solo, Jawa Tengah. Layanan 5G Telkomsel di kota tersebut bisa dinikmati di GraPARI Solo dan Balaikota Surakarta.

Baca juga: Telkomsel kembali luncurkan layanan 5G serentak di lima kota

Baca juga: Review ponsel - vivo V21 5G, jagoan selfie yang andal untuk main game

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021