Tenis

Murray dukung keputusan Federer mundur dari French Open

Murray dukung keputusan Federer mundur dari French Open

Petenis asal Swiss Roger Federer merayakan kemenangannya atas petenis Jerman Dominik Koepfer pada putaran ketiga French Open di Roland Garos, Paris, Prancis, Sabtu (5/6/2021). Namun setelah itu Federer memutuskan mundur dari turnamen tersebut untuk memfokuskan diri menghadapi Wimbledon. (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray mengatakan Roger Federer telah membuat keputusan yang wajar terkait pengunduran dirinya dari French Open.

Setelah dua kali operasi lutut, Federer memilih untuk fokus pada Kejuaraan Wimbledon.

Membalas cuitan dari pengguna yang mengatakan Federer "tidak sopan" karena memanfaatkan French Open untuk mengembalikan kebugarannya, Murray justru mengatakan lewat beranda Twitternya, "Dalam bola basket, sepak bola, ataupun yang lainya, ketika pemain kembali dari cedera, maka akan diberi beberapa menit untuk membangun kebugaran mereka.” 

“Dalam pertandingan tenis, tidak ada keistimewaan seperti hanya bermain satu set di pertandingan pertama, kemudian dua set di pertandingan berikutnya,” ujar Murray dikutip dari Reuters, Senin. 

"Saya mengatakan kepadanya (Federer) bahwa cukup berisiko bagi Anda jika memainkan beberapa pertandingan dalam empat jam berturut-turut di turnamen ke-2 dalam 18 bulan, jadi bagi saya wajar untuk bersikap reaktif melihat bagaimana perasaan tubuh Anda, lamanya pertandingan dan lain lain,” tambahnya. 

Baca juga: Federer mundur dari Roland Garros demi persiapan Wimbledon 
Baca juga: Federer habiskan 3,5 jam lalui babak ketiga French Open 

Federer memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya di Roland Garros pada Minggu, sehari setelah memenangkan pertandingan putaran ketiga melawan Dominik Koepfer.

Keputusan Federer tersebut memicu reaksi beragam, salah satunya dari pemenang tujuh kali French Open Chris Evert yang mengatakan petenis Swiss itu berhak melakukannya, sementara mantan kapten Piala Davis AS Patrick McEnroe mengaku memahami alasan Federer, tetapi itu bukan cara yang baik. 

Federer yang merupakan pemegang gelar juara Wimbledon delapan kali itu hampir tidak pernah bermain dalam 17 bulan terakhir karena cedera lutut. Ia pun sudah dijadwalkan menghadapi unggulan kesembilan Italia Matteo Berrettini di French Open, Senin. 

Baca juga: Zverev bermain agresif atasi Nishikori di babak 16 besar French Open 
Baca juga: Medvedev belum terhentikan hingga perempat final Roland Garros 
Baca juga: Serena dihentikan Rybakina di babak 16 besar Roland Garros 

 

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar