Jakarta (ANTARA) - Layanan musik digital JOOX menggelar ajang penghargaan musik pertama yang pemenangnya akan ditentukan 100 persen oleh para penggemar dalam gelaran JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021.

Para penggemar dapat mendukung para musisi idolanya melalui pemilihan (voting) dan gamifikasi dalam JIMA 2021 yang akan berlangsung mulai dari tanggal 7-13 Juni 2021 di JOOX.

"Kami melihat perkembangan industri musik saat ini salah satunya dipengaruhi oleh kontribusi penggemar terhadap musisi idola mereka. Sebagai social entertainment platform yang dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan para musisi, JOOX ingin menjadi wadah yang dapat mendekatkan penggemar dengan idolanya," kata Head of Marketing JOOX Indonesia Yuanita Agata dalam konferensi pers daring, Senin. 

Baca juga: JOOX siapkan sederet program baru sambut Ramadhan

Baca juga: Mau jadi bagian "girlband"? GIRLS GIRLS buka audisi anggota baru


"Kami harap kegiatan ini juga dapat menjadi ajang selebrasi penggemar yang berkolaborasi dengan JOOX untuk bersama-sama memajukan perkembangan industri musik Indonesia," imbuhnya.

JOOX Indonesia Music Awards yang merupakan ajang penghargaan selebrasi penggemar untuk idola mereka. JIMA 2021 memiliki sederet kategori penghargaan kepada musisi, yaitu Indonesian Song of the Year, Global Song of the Year, Indonesian Group of the Year, Indonesian Artist of the Year, Dangdut Artist of the Year, Korean Artist of the Year, International Artist of the Year dan Best Fanbase of the Year.

Pengguna JOOX dapat memberikan vote untuk idola mereka sebanyak-banyaknya melalui fitur voting yang ada di aplikasi JOOX, mulai 7 Juni 2021 pukul 00:01 WIB sampai 13 Juni 2021 23:59 WIB. 

Setiap harinya, pengguna “free-user” akan mendapatkan 8 kuota vote, sedangkan pengguna VIP mendapatkan 80 kuota vote. Untuk mendapatkan kuota tambahan, pengguna bisa membagikan halaman voting ke media sosial, atau menukarkan koin dengan vote.

Koin tersebut bisa didapatkan dengan melakukan berbagai daily task, seperti salah satunya mencoba fitur terbaru JOOX Buzz dengan cara mengunggah video pendek dan membaginya ke media sosial.

Fitur ‘Buzz” merupakan fitur video pendek yang memungkinkan para artis, konten kreator dan pengguna untuk membagikan konten video pendek mereka yang menghibur dan menginspirasi kepada masyarakat luas.

Dengan mengunggah video di JOOX Buzz, menonton, dan membagikan video apapun dari Buzz ke media sosial, pengguna bisa mendapatkan koin yang bisa digunakan untuk melakukan voting atau menukarkannya dengan akses VIP hingga berbagai tawaran menarik dari JOOX.

Baca juga: ASIRI: Pembajakan masih jadi tantangan di industri musik

Baca juga: Joox hadirkan kolaborasi Alan Walker dengan sejumlah musisi Asia

Baca juga: Alan Walker rilis "Believers", kolaborasi bareng Conor Maynard

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021