Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon tertinggi ketiga di Jabar

Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon tertinggi ketiga di Jabar

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulai saat memberi keterangan kepada media. (ANTARA/Khaerul Izan)

iga kabupaten dan kota yang memiliki cakupan vaksinasi tertinggi di Jawa Barat
Cirebon (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Jawa Barat Agus Mulyadi mengatakan berdasarkan informasi kemajuan cakupan vaksinasi COVID-19, Kota Cirebon menjadi tertinggi ketiga kabupaten dan kota di Jabar, untuk itu akan terus ditingkatkan.

"Ada tiga kabupaten dan kota yang memiliki cakupan vaksinasi tertinggi di Jawa Barat dan Kota Cirebon masuk yang ketiga," kata Agus Mulyadi di Cirebon, Senin.

Agus mengatakan untuk cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kota Cirebon, saat ini sudah mencapai 66,99 persen dan dosis kedua sebanyak 52,87 persen dari keseluruhan target vaksinasi, baik bagi tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia.

Ia melanjutkan sementara untuk cakupan vaksinasi COVID-19 khusus lanjut usia (lansia), Kota Cirebon masuk urutan keempat setelah Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Bandung.

"Untuk vaksin dosis pertama sebanyak 24,61 persen dan dosis kedua 17,67 persen, khusus yang lansia," tuturnya.

Tingginya cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Cirebon kata Agus, karena sejumlah langkah strategis yang dilakukan. Mulai dari meningkatkan rata-rata harian orang yang divaksin.

Di mana pada awal vaksinasi COVID-19, jumlah warga yang divaksin mencapai 600-an orang setiap harinya dan angka ini tentu belum cukup tinggi, karena hanya mengandalkan jaringan puskesmas di Kota Cirebon.

Selanjutnya, cakupan vaksinasi harian ditingkatkan antara 1.500 hingga 3 ribu orang per hari. Caranya yaitu menjalin kerja sama dengan rumah sakit pemerintah, swasta, politeknik, fakultas kedokteran, dan layanan kesehatan lainnya.

"Sehingga bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kota Cirebon," katanya.

Baca juga: Wagub Jabar tinjau vaksinasi di Ponpes Kempek Cirebon

Baca juga: Watimpres Agung Laksono tinjau vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon

Baca juga: Tempat penyimpanan vaksin COVID-19 di Cirebon sudah siap

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kubu Raya alokasikan 6.000 dosis vaksin untuk sembilan kecamatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar