Pengendalian berkaitan dengan elpiji tabung tiga kilogram sangat penting, bukan hanya melihat sebaran, bukan hanya untuk monitoring, ....
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, meningkatkan pengawasan distribusi elpiji tiga kilogram melalui aplikasi Sistem Monitoring Evaluasi dan Koordinasi Elpiji Tiga Kilo atau yang disebut dengan Si Melon Ijo.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa pengendalian distribusi elpiji tiga kilogram tersebut sangat penting dilakukan dalam upaya untuk melakukan pengawasan terhadap pangkalan elpiji agar mendistribusikan elpiji tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pengendalian berkaitan dengan elpiji tabung tiga kilogram sangat penting, bukan hanya melihat sebaran, bukan hanya untuk monitoring, tapi yang terpenting bagaimana pangkalan-pangkalan tadi berlaku sesuai dengan peraturan," kata Sutiaji, di Kota Malang, Senin.

Baca juga: Anggota DPR: Tingkatkan digitalisasi awasi subsidi elpiji 3 kilogram

Sutiaji menambahkan dengan diluncurkannya aplikasi Si Melon Ijo diharapkan distribusi elpiji tiga kilogram bersubsidi bisa berjalan dengan baik, dan mengurangi risiko kelangkaan pasokan di lapangan.

Selain itu dengan adanya sistem pengawasan tersebut juga bisa meminimalisasi penimbunan elpiji tiga kilogram, termasuk mengatasi masalah fluktuasi harga. Menurut Sutiaji, hal itu dilakukan agar distribusi elpiji tiga kilogram tepat sasaran.

"Kita tahu bahwa yang memanfaatkan tabung hijau ini khusus orang-orang tertentu. Dengan aplikasi ini goalnya, hak-hak masyarakat tidak dikurangi," tambah Sutiaji.

Baca juga: Penyaluran elpiji tiga kilogram capai 2,4 juta metrik ton hingga April

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Diah Ayu Kusumadewi menambahkan bahwa aplikasi Si Melon Ijo telah melalui proses uji coba, evaluasi, dan bimbingan teknis bagi calon pengguna sistem.

Nantinya, lanjut Diah, aplikasi Si Melon Ijo akan dipergunakan pada 20 agen, dan 601 pangkalan yang ada di Kota Malang, yang bertugas dalam pendistribusian elpiji tiga kilogram tersebut.

"Harapannya nanti agen bisa menginput setiap hari. Pangkalan juga bisa menginput setiap hari. Sehingga kita bisa melihat stok ketersediaan elpiji di lokasi tersebut tiap minggunya," ujar Diah

Peluncuran aplikasi Si Melon Ijo tersebut, dinilai sebagai salah satu solusi pemantauan distribusi elpiji bersubsidi di Kota Malang, melalui pendekatan pemanfaatan teknologi yang dapat diakses di simelonijo.id.

Aplikasi Si Melon Ijo tersebu  akan memantau serta mensinergikan peran pemangku kepentingan dalam distribusi elpiji. Selain itu juga, memberikan fasilitasi pengaduan masyarakat tentang permasalahan terkait elpiji tiga kilogram bersubsidi.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021