Kemarin, pembentukan BUMN institute hingga target pertumbuhan ekonomi

Kemarin, pembentukan BUMN institute hingga target pertumbuhan ekonomi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. ANTARA/Indriani/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (7/6) mulai dari realisasi Anggaran PEN mencapai 29,9 persen hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 mencapai 7 sampai 8 persen (yoy).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


1. Realisasi PEN capai 29,9 persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjabarkan realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga saat ini mencapai 29,9 persen dari total pagu anggaran Rp699,4 triliun.

Menurut Airlangga, pencairan anggaran PEN bertambah Rp86,7 triliun dari realisasi kuartal I 2021 yang sebesar Rp123 triliun atau total saat ini menjadi Rp209 triliun.

Berita selengkapnya klik di sini


2. Penjualan SWR002 capai Rp24,14 miliar

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menetapkan hasil penjualan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) seri SWR002 yang mencapai Rp24,14 miliar dengan masa penawaran mulai 9 April sampai 3 Juni 2021.

Penerbitan CWLS Ritel seri SWR002 tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung gerakan wakaf nasional, membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

Berita selengkapnya klik di sini


3. Pembentukan BUMN Leadership and Management Institute

Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan pembentukan BUMN Leadership and Management Institute (BLMI) yang siap membangun pemimpin BUMN berkelas dunia dan berlandaskan AKHLAK.

“Upaya transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN terhadap perusahaan-perusahaan BUMN menjadi perusahaan yang akuntabel, profesional, dan berkelas dunia, tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capitalnya,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini


4. UMKM di Mandalika punya potensi bisnis Rp109 miliar

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebutkan sektor UMKM kawasan wisata super prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat, memiliki potensi bisnis hingga Rp109,1 miliar.

“Pengembangan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) ini akan membuka lapangan kerja baru. Akan ada banyak UMKM lokal yang terlibat langsung dalam menunjang wisata prioritas Mandalika,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini


5. Menko Airlangga yakin ekonomi tumbuh 7-8 persen pada kuartal II

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pertumbuhan ekonomi di kuartal II (April-Juni) 2021 dapat mencapai tujuh hingga delapan persen secara tahunan (yoy).

Airlangga mengatakan pemulihan ekonomi di kuartal II 2021 terus berlanjut tercermin dari indeks pembelian barang industri manufaktur (Purchasing Manager Index/PMI) Indonesia yang mencapai 55,3 di Mei 2021 atau tertinggi dalam sejarah.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bali jadi tuan rumah G20, Menteri BUMN: COVID-19 harus terkontrol

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar