Piala Eropa 2020

Serba-serbi jersey tim Piala Eropa 2020

Serba-serbi jersey tim Piala Eropa 2020

Jersey tim nasional Portugal dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)

Jakarta (ANTARA) - Piala Eropa 2020 akhirnya di depan mata, sebuah festival sepak bola yang diharapkan membawa banyak hal untuk dinikmati setelah mengalami penundaan selama setahun karena pandemi virus corona.

Piala Eropa 2020 akan menampilkan tim nasional teratas dari seluruh Eropa. Tidak hanya performa skuad, pakaian atau jersey juga menjadi hal baru yang dinanti para penggemar.

Jersey sepak bola umumnya diperbarui setiap musim, dan jika menyangkut sepak bola internasional, hampir pasti sebelum digelar kompetisi besar.

Baca juga: Mengenal 11 kota dan stadion tuan rumah Piala Eropa 2020

Sejumlah produsen perlengkapan olahraga turut ambil bagian dalam pembuatan jersey, yang tentunya mengambil desain dari ciri khas negara.

Penasaran apa yang akan dikenakan Cristiano Ronaldo, Kevin De Bruyne, Harry Kane, dan lainnya di Piala Eropa 2020?

1. Austria
Jersey tim nasional Austria dalam Piala Eropa 2020 (puma.com)


Puma merupakan produsen jersey Austria untuk Euro 2020. Berwarna merah dengan corak yang menyatu di badan dan lengan berwarna putih, seragam kandang Austria tampaknya diilhami dari bendera nasional negara tersebut.

Sementara, seragam tandang Austria, yang dirilis Puma pada November 2019, menampilkan desain hitam dengan corak pola bulu warna teal dan lipatan warna yang sama di ujung lengan jersey. Terdapat lambang OFB di dada kiri.

Corak pola pada seragam kandang dan tandang disebut Puma terinspirasi dari desain grafis gaya art nouveau Austria, aliran atau gaya seni rupa modern yang marak pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Baca juga: Seberapa bugar bintang-bintang lapangan hijau saat Euro 2020

2. Belanda
Jersey tim nasional Belanda dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)


Seragam kandang Belanda buatan Nike memiliki sentuhan modern pada warna oranye dengan pola garis dalam badan dipadukan dengan warna hitam klasik pada bagian kerah, logo dan lambang singa di bagian dada kiri.

Seragam tandang Belanda adalah kebalikan dari seragam kandang, berwarna hitam namun dengan aksen oranye yang mencolok di seluruh bagiannya. Namun, seperti desain Nike lainnya, kerah jersey tandang memiliki desain polo dengan kancing bertuliskan "KNVB/Netherland."

Baca juga: Belanda cemas De Ligt cedera sebelum dijajal Georgia

3. Belgia
Jersey tim nasional Belgia dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)


Seragam kandang Belgia, dibuat oleh Adidas, menampilkan desain grafik sapuan kuas tebal warna hitam di bagian depan. Didominasi warna merah, kuning dan hitam, yang merupakan warna bendera Belgia, jersey memiliki warna dasar merah dengan aksen kuning dan hitam di manset dan kerah.

Seragam tandang Belgia berwarna dasar putih dengan corak abu-abu dan hiasan merah dan hitam di bagian lengan, sementara tiga garis khas Adidas berwarna merah menghiasi bahu yang memiliki kerah "V".

Baca juga: De Bruyne jalani "operasi kecil" selagi timnas Belgia bersiap

4. Denmark
Seragam kandang Denmark memiliki desain menarik dengan menyertakan pola mirip gelombang suara di badan jersey serta di bagian dalam kerah. Pola gelombang itu disebut menggambarkan suara penggemar yang menyanyikan lagu kebangsaan Denmark.

Sementara badan jersey, yang dibuat oleh Hummel, berwarna merah, bagian bahu berwarna putih dengan pola menyerupai panah -- khas Hummel -- berwarna merah, dengan aksen sedikit warna biru pada bagian kerah.

Seragam tandang Denmark juga menampilkan gelombang suara pola garis tetapi agak lebih halus mengingat jersey itu sendiri berwarna putih keperakan. Chevron merah mengarah ke bagian bawah lengan dengan garis merah membungkus lengan.

Baca juga: Denmark songsong EURO dengan kemenangan lawan Bosnia

5. Finlandia
Jersey tim nasional Finlandia dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)


Seragam Finlandia untuk Euro 2020 akan dibuat oleh Nike dan edisi kandangnya sangat terinspirasi oleh bendera Finlandia, dengan dasar warna putih sementara garis silang biru diubah menjadi degradasi warna tua menjadi muda menuju bagian bawah.

Sementara itu, seragam tandang Finlandia memadukan dua warna biru -- biru tua sebagai dasar dan biru muda sebagai aksen -- dan memiliki kerah yang berbeda, menampilkan leher bergaya polo dengan kancing.

Baca juga: Piala Eropa di tengah pandemi dan pertaruhan UEFA

6. Hungaria
Seragam kandang Hungaria memberi penghormatan kepada Danube, sungai terpanjang kedua di Eropa yang berada di negara tersebut. Jersey menggabungkan warna tradisional merah sebagai dasar bersama dengan aksen putih dan hijau di bagian kerah, dan pola Danube tercetak di bagian depan.

Seragam tandang Hungaria juga akan menggabungkan warna bendera, tetapi dalam urutan kebalikan dari seragam kandang mereka. Seragam tandang didominasi warna putih, dengan aksen merah di bahu dan kerah.

Baca juga: Jangan ada rasisme di antara kita

7. Inggris
Jersey tim nasional Inggris dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)


Jersey kandang Inggris adalah desain klasik, sederhana dan ramping, dengan dasar putih dan leher warna biru. Terdapat lambang "three lions" di bagian tengah diikuti dengan logo khas Nike berwarna biru pada bagian bawahnya.

Seragam tandang Inggris berwarna biru solid. Kerahnya mengacu pada kaus klasik tahun 90-an, dan kancingnya bertuliskan: "We are Lions/We are England". Warna biru kemeja dilengkapi dengan garis-garis merah di bagian samping.

Baca juga: Ben White gantikan Trent Alexander-Arnold dalam skuad timnas Inggris

8. Italia
Jersey tim nasional Italia dalam Piala Eropa 2020 (puma.com)


Jersey untuk Italia disebut Puma terinspirasi oleh "era seni dan arsitektur yang menentukan budaya." Seragam kandang Italia yang baru "menafsirkan kembali pola renaisans mewah di masa lalu ke dalam grafik geometris modern, yang dipadukan dengan warna biru ke dalam jersey."

Sementara, seragam tandang Italia didominasi warna putih dengan aksen biru tua, memiliki cetakan pola klasik pada badan jersey.

Baca juga: Mola TV siarkan 51 pertandingan Euro 2020

9. Jerman
Jersey tim nasional Jerman dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)


Seragam kandang Jerman menampilkan ciri khas jersey putih dengan garis-garis horizontal hitam. Edisi Adidas kali ini menggabungkan bendera negara sebagai garis-garis di ujung lengan baju.

Sementara, seragam tandang Jerman, yang diumumkan Maret 2021, setahun setelah tanggal rilis asli, tampil dengan warna hitam dengan tiga garis di bahu khas Adidas berwarna abu-abu gelap.

Baca juga: Jerman lumat Latvia 7-1 di laga persahabatan jelang Euro 2020

10. Kroasia
Jersey tim nasional Kroasia dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)
​​​​​​​

Jersey kandang Kroasia terbaru menggabungkan kotak-kotak merah dan putih khas bendera negara tersebut, dengan bagian belakang jersey berwarna putih solid.

Scott Munson, VP Nike, yang membuat jersey tersebut, mengatakan bahwa "Kroasia selalu menjadi federasi yang menginspirasi bagi Nike karena kekuatan identitas mereka."

"Baju kandang 2020 yang baru sesuai dengan warisan sepak bola Kroasia, sedangkan tandang adalah interpretasi lain yang sangat keren dari desain Kroasia untuk para pemain dan pendukung."

Seragam tandang Nike Kroasia menggabungkan kotak-kotak klasik namun dalam warna monokrom, hitam dan abu-abu.

Baca juga: 14.000 orang dibolehkan masuk Allianz Arena tonton Euro 2020

11. Makedonia
Setelah mengenakan seragam Jako yang sama dari 2017 hingga Maret 2021, Makedonia Utara akan memiliki tampilan baru untuk Euro 2020.

Pabrikan pakaian olahraga Jerman Jako masih menjadi pemasok tim dan seragam kandang akan berwarna merah marun, yang berarti mereka menggunakan warna merah yang lebih gelap dari sebelumnya.

Gambar lynx -- lynx Balkan yang menjadi simbol negara tersebut -- menjadi pola di bagian badan jersey.

Seragam tandang Makedonia Utara memiliki desain dasar yang sama dengan seragam kandang, namun dengan dominasi warna putih dan aksen warna kuning, seperti warna bendera negara tersebut. Motif lynx Balkan masih tetap ada di jersey.

Baca juga: Mengenal skuad empat tim Grup C Euro 2020

12. Polandia
Jersey tim nasional Polandia dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)

Seragam kandang Nike Polandia terinspirasi oleh warna merah dan putih dari bendera resmi negara tersebut -- terutama putih dengan aksen warna merah.

Nike menyebutkan bahwa koleksi tim nasional Polandia 2020 menggali arsip untuk mendapatkan inspirasi dari era keemasan tim pada akhir 1970-an dan awal 1980-an ketika Polandia dua kali finis ketiga di dunia.

"Ketika Anda melihat kembali sejarah sepak bola Polandia, ada banyak inspirasi yang bisa ditemukan," kata Scott Munson dari Nike.

Seragam kandang Polandia hadir warna putih dengan kerah lipat yang diikat oleh dua kancing. Kerahnya memiliki garis merah yang menonjol. Sementara, seragam tandang memiliki warna sebaliknya, dengan dominan merah dan aksen putih pada kerah V-neck dan lipatan bagian lengan.

Baca juga: Data dan fakta timnas Polandia di Euro 2020

13. Portugal
Jersey tim nasional Portugal dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)

Seragam kandang Nike Portugal menampilkan desain yang dipoles -- dengan mempertahankan warna merah khas negara tersebut -- dipasangkan dengan kerah lipat yang memberi nuansa baru, bersamaan dengan garis merah hijau hitam di bagian lengan.

Celana pendek hijau kembali untuk pertama kalinya sejak 2004 -- tahun ketika kapten tim Cristiano Ronaldo melakukan debutnya di final Eropa. "Sudah lama sejak kami memiliki celana pendek hijau jadi senang melihat mereka kembali sekali lagi." kata Ronaldo, dikutip dari situs resmi Nike.

Sementara itu, seragam tandang baru Portugal mengambil inspirasi dari seragam tandang tim tahun 2016, dan garis-garis horizontal dengan blok warna yang tebal, kombinasi hitam merah dan hijau.


Baca juga: Spanyol-Portugal imbang 0-0 dalam laga pemanasan jelang Piala Eropa
14. Prancis
Jersey tim nasional Prancis dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)


Seragam kandang baru dari Nike untuk Prancis terdapat garis merah tebal yang mencolok yang dipadukan dengan warna biru tua klasik negara tersebut. Desain itu, menurut Nike, memadukan streetwear dengan seni kontemporer Prancis.

Garis merah tersebut juga menandakan persaudaraan saat bermain di kandang, setelah Les Blues, julukan timnas Prancis, menyandang juara dunia pada 2018 dan 1998.

Dibandingkan dengan tampilan retro Prancis untuk seragam kandang mereka, seragam tandang mereka jauh lebih sederhana dan desainnya lebih ramping hanya dalam warna putih.

"Dengan tandang, tampilan putih benar-benar selaras dengan para pemain, dan sementara banyak negara berbagi palet merah, putih dan biru, hanya Prancis yang akan mengenakan putih di atas putih," kata VP Nike Scott Munson.

Baik seragam kandang maupun tandang akan menyertakan moto "Liberte, Egalite, Fraternite" di dalam jersey.

Baca juga: Tak ciptakan gol tapi Benzema bersinar saat Prancis libas Wales 3-0

15. Republik Ceko
Jersey tim nasional Republik Ceko dalam Piala Eropa 2020 (puma.com)

Pola serat pohon Lipa dimasukkan ke dalam desain seragam kandang Republik Ceko, yang dibuat oleh Puma. Jersey tersebut berwarna merah klasik dengan sedikit warna biru di manset dan kerah -- perpaduan warna bendera ceko, merah, biru dan putih -- dan warna putih untuk logo Puma, serta terdapat lambang negara tersebut di dada kiri.

Berbeda dari seragam kandang yang klasik, seragam tandang Republik Ceko memiliki warna hijau limau yang sangat menarik mata, dan cederung tidak biasa, dengan hiasan aksen hitam pada lengan dan kerah, juga lambang negara dan logo Puma.

Ketua Asosiasi Sepak Bola Republik Ceko, Martin Malik, mengatakan jersey baru tersebut terlihat berani, ambisius, segar dan ganas.

"Merupakan atribut yang sesuai dengan tim Ceko saat ini, yang telah mengalami perubahan generasi dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, saya percaya bahwa koneksi yang tampaknya tak terduga ini akan berhasil," kata Martin Malik.

Baca juga: Italia mengalahkan Ceko 4-0 pada laga pemanasan Euro 2020

16. Rusia
Jersey timnas Rusia dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)

Seragam kandang Rusia, yang dibuat oleh Adidas, mengalami desain ulang singkat setelah rilis pertamanya ketika lengan biru, merah dan putih dikritik karena memiliki kemiripan dengan bendera Serbia.

Jersey kandang baru Adidas untuk tim Rusia sekarang tidak memiliki warna biru di lengan, setelah protes publik, melainkan putih dengan dominasi warna merah. Sementara, aksen putih ada pada kerah "V" dan tiga garis khas Adidas pada bagian bahu.

Seragam tandang Adidas Rusia memadukan warna bendera merah, putih dan biru dalam garis-garis di bagian dada dan lengan, sementara jersey berlatar belakang putih.

Baca juga: Gol penalti Aleksandr Sobolev membuat Rusia taklukkan Bulgaria

17. Skotlandia
Jersey timnas Skotlandia dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)


Seragam tandang Adidas Skotlandia memadukan warna bendera biru dan putih dengan dominasi biru tua, serta aksen merah pada lengan. Sementara, seragam tandang didominasi warna putih dan biru dalam garis motif pada bagian dada dan lengan.

Baca juga: Data dan fakta timnas Skotlandia di Euro 2020

18. Slovakia
Seragam kandang Slovakia, yang dibuat oleh Nike, agak lebih rumit daripada jersey tandang, menampilkan desain biru dengan corak biru gelap. Sementara, seragam tandang Slovakia berwarna putih sederhana dengan garis biru pada bagian samping.

19. Spanyol
Jersey timnas Spanyol dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)


Seragam kandang Spanyol, dengan warna merah khasnya, menampilkan desain geometris yang menarik dengan aksen kuning emas tiga garis khas Adidas pada bagian bahu.

Sementara, seragam tandang sebagian besar berwarna putih tetapi dengan manset merah dan emas, mengingatkan pada jersey tandang 2018 Spanyol.

Baca juga: Kapten timnas Spanyol Sergio Busquet positif COVID-19

20. Swedia
Jersey timnas Swedia dalam Piala Eropa 2020 (adidas.co.uk)


Baju kandang Swedia, yang diproduksi oleh Adidas, berwarna kuning dengan garis biru di bahu dan manset, yang jelas terinspirasi dari bendera negara dengan tulisan "Sverige" di bagian belakang.

Sementara, seragam tandang Swedia memiliki desain klasik warna biru tua dominan yang dihiasi dengan garis-garis tipis vertikal warna kuning.

Baca juga: Swedia hantam Armenia 3-1 dalam pemanasan terakhir jelang Euro

21. Swiss
Jersey timnas Swiss dalam Piala Eropa 2020 (puma.com)


Seragam kandang Swiss dibuat oleh Puma dengan menampilkan desain dua warna merah -- dengan warna merah yang lebih tua sebagai aksen garis pada bagian badan dan bahu, sementara logo sepak bola Swiss, bendera negara dan logo Puma ditampilan di bagian dada.

Seragam Swiss 2020, menurut Puma, "menerapkan bahasa visual dan desain Swiss Style yang ikonik, menggunakan grafis sederhana yang berani."

Puma merilis jersey tandang Swiss pada November, menampilkan dasar putih dengan merah pada kerah, serta garis-garis merah muda, ungu, merah marun dan hijau di bagian badan -- melambangkan empat bahasa yang digunakan di negara tersebut, yaitu Jerman, Prancis, Italia dan Rhaeto-Roman.

Baca juga: Italia menang meyakinkan di Bulgaria, Swiss atasi Lithuania

22. Turki
Jersey timnas Turki dalam Piala Eropa 2020 (nike.com)


​​​​​​​Jersey kandang Turki memiliki dasar putih dengan garis merah tebal membentang di dada. Bulan sabit dan bintang besar berada di tengah sebagai titik fokus desain.

Celana pendek dan kaus kaki putih dengan detail merah melengkapi tampilan yang minimalis namun tangguh.

"Kami ingin menangkap semangat luar biasa untuk sepak bola di Turki dengan desain khusus, jadi kami meningkatkan ukuran bulan sabit dan bintang untuk menjadikannya titik fokus dari seragam," kata Scott Munson dari Nike.

Seragam tandang terdiri dari jersey, celana pendek dan kaus kaki warna merah. Jersey memiliki strip merah terang di bagian dada, dihiasi dengan bulan sabit putih besar dan bintang.

Kedua kaus tersebut memiliki tulisan "Turkiyem," atau "Turki ku," tercetak di dalam kaus sebagai kebanggaan tim.

23. Ukraina
Ukraina terus bermitra dengan produsen pakaian olahraga Spanyol Joma untuk seragam resmi mereka dan mereka akan mengenakan tampilan klasik di Euro 2020, dengan dominasi jersey warna kuning dan sentuhan aksen biru muda.

Jersey baru tim nasional Ukraina baru-baru ini memicu kemarahan di Rusia lantaran seragam itu menampilkan siluet peta Ukraina yang memasukkan Crimea.

Rusia menganeksasi Crimea dari Ukraina pada 2014 dan Moskow menganggap area semenanjung itu sebagai bagian Rusia, kendati publik internasional mengakuinya sebagai bagian Ukraina.

Sementara, seragam tandang Ukraina adalah kebalikan dari seragam kandang, dengan biru muda menjadi warna dasar utama yang dilengkapi dengan sentuhan kuning pada kerah dan lengan.

Baca juga: Jersey baru Ukraina picu kemarahan Rusia

24. Wales
Gareth Bale dan kawan-kawan akan mengenakan seragam Adidas berwarna merah sebagai jersey kandang mereka untuk Euro, dengan warna yang terinspirasi dari naga dalam bendera. Jersey tersebut memiliki aksen kuning di bagian bahu dan lengan, juga warna hijau dan putih di lengan.

Sementara, seragam tandang berwarna kuning pisang dan hijau zaitun sebagai aksen.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar