UPN Veteran Jakarta jadi BLU tingkatkan kualitas layanan pendidikan

UPN Veteran Jakarta jadi BLU tingkatkan kualitas layanan pendidikan

Rektor UPN Veteran Jakarta Dr Erna Hernawati berbicara dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (08/06/2021). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

kalau BLU, kita memiliki fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan SDM
Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menjadi perguruan tinggi negeri badan layanan umum (PTN BLU) sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi dalam berkontribusi terhadap penciptaan sumber daya manusia unggul dan pembangunan bangsa.

"Menjadi BLU adalah untuk meningkatkan layanan kami kepada publik," kata Rektor UPN Veteran Jakarta Dr Erna Hernawati dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa.

Erna menuturkan dengan status menjadi PTN BLU berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan yang ditetapkan pada 31 Mei 2021, maka UPN Veteran Jakarta dapat memperluas akses keterjangkauan masyarakat terhadap pendidikan dan meningkatkan kerja sama yang mendukung Kampus Merdeka, dan memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan sehingga tata kelola dan layanan kegiatan tri dharma perguruan tinggi lebih efektif dan efisien.

Selain itu dengan status PTN BLU, UPN Veteran Jakarta juga memiliki fleksibilitas memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dosen dan tenaga kependidikan untuk mencapai rasio ideal dan pencapaian indikator untuk menjadi perguruan tinggi unggul, dan memiliki kewenangan meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan memaksimalkan pemanfaatan modal SDM dan aset yang dimiliki. Semua itu akan mendukung upaya meningkatkan pelayanan, kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Ketika kita status satuan kerja kita memang sangat terbatas dalam rekrutmen dosen maupun tenaga kependidikan, sedangkan kalau BLU, kita memiliki fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan SDM," ujar Erna.

Dengan peningkatan status itu, maka manfaat yang dapat dirasakan pemangku kepentingan yakni mendorong percepatan akreditasi perguruan tinggi dan program studi menjadi unggul dan internasional, yang akan memberikan manfaat bagi para mahasiswa universitas itu, menjadi peluang pembukaan program studi baru yang dibutuhkan masyarakat untuk menyerap lebih banyak penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi sehingga meningkatkan angka partisipasi kasar, meningkatnya efektivitas aset dan profesionalisme dosen, meminimalkan ketergantungan pendapatan yang bersumber dari mahasiswa, serta meningkatnya layanan publik.

Baca juga: KPI gandeng UPN "Veteran" Jakarta riset indeks kualitas program siaran

Setelah ditetapkan sebagai PTN BLU dari status sebelumnya yakni satuan kerja, maka langkah-langkah ke depan yang dikerjakan UPN Veteran Jakarta adalah pengalihan pengelolaan keuangan berbasis pengelolaan BLU termasuk dalam menyiapkan peraturan rektor, standar operasional prosedur, sumber daya manusia, dan sistem informasi, penyesuaian struktur organisasi dan tata kerja.

Universitas itu juga segera melakukan penetapan formulasi remunerasi, persiapan operasional unit-unit bisnis, penetapan tarif layanan dan sistem informasi layanan, pembenahan unit layanan terpadu untuk pencapaian standar pelayanan minimal, penguatan nilai-nilai budaya kerja, dan penguatan program reformasi birokrasi dan zona integritas.

Untuk bisa meningkatkan status dari satuan kerja menjadi PTN BLU, Erna menuturkan bukan hal yang mudah. Sejumlah upaya yang dilakukan UPN Veteran Jakarta antara lain memenuhi penilaian terhadap tiga aspek yakni substansi, teknis dan administratif.

Dalam penilaian itu, UPN Veteran Jakarta harus bisa memastikan pengelolaan keuangan berjalan bagus dan baik, serta menjamin pencapaian target-target yang ingin dicapai UPN Veteran Jakarta setelah menjadi BLU dalam rencana bisnis lima tahun ke depan.

"Rencana bisnis selama lima tahun jadi acuan apakah memang perguruan tinggi itu punya rencana cukup signifikan setelah BLU sesuai tujuan layanan meningkat dan menyejahterakan masyarakat," tutur Erna.

Selain itu, universitas tersebut juga harus menjamin terwujudnya sistem tata kelola yang baik dan menjalankan peningkatan standar pelayanan.

Terkait peningkatan layanan, perguruan tinggi itu menjanjikan diantaranya pengurusan layanan ijazah mahasiswa yang sebelumnya dua hari dipercepat menjadi dua jam.

Dengan adanya pengelolaan keuangan dan SDM yang lebih fleksibel melalui status BLU, maka UPN Veteran Jakarta bisa meningkatkan kualitas akademik pembelajaran melalui perekrutan dosen yang bisa segera dilakukan saat dibutuhkan, dan bisa mengelola keuangan lebih mandiri dan fleksibel tanpa proses administratif yang rumit sehingga misalnya ketika ingin menggunakan dana untuk penyediaan gedung kelas belajar atau sarana dan prasarana pendukung terkait maka bisa segera cepat diproses dan direalisasikan.

Baca juga: UPN Veteran Yogyakarta luluskan ratusan wisudawan berpredikat "cumlaude"

Wakil Rektor II UPN Veteran Jakarta Prasetyo Hadi menuturkan peningkatan status menjadi BLU utamanya akan memberikan manfaat terkait fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan dan SDM untuk memenuhi kebutuhan pengembangan.

Fleksibilitas tersebut akan memudahkan UPN Veteran Jakarta untuk mewujudkan rencana untuk membuka program studi baru seperti program doktor, magister dan sarjana. Universitas itu juga bisa lebih mudah menambah jumlah SDM berdasarkan kebutuhan sehingga mendukung komitmen untuk peningkatan kualitas dosen maupun tenaga kependidikan baik melalui rekrutmen tenaga baru maupun peningkatan kapasitas dari tenaga yang sudah ada, karena kebutuhan SDM berkualitas itu juga akan semakin bertambah saat pembukaan program studi baru.

Perguruan tinggi itu juga akan bisa mendapatkan pendapatan lain selain dari uang kuliah mahasiswa seperti dengan mengoperasikan unit-unit bisnis dan melakukan kerja sama pemanfaatan sarana dan prasarana di universitas dengan pihak swasta atau mitra.

Baca juga: Perguruan tinggi BLU diusulkan bisa rekrut tenaga kontrak
Baca juga: Tujuh PT BHMN Koordinasi Perubahan PP BLU


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar