Jakarta (ANTARA) - Apple mengumumkan kehadiran iPadOS 15, yang akan hadir di iPad pada musim gugur ini. Dengan iPadOS 15, Apple memperkenalkan format widget yang lebih besar, diperkirakan berfungsi lebih baik pada layar lebih besar yang dimiliki tablet dibandingkan dengan ponsel.

Widget baru untuk iPadOS mencakup Cari Milik Saya, Kontak, Parcel, dan Game Center. Perpustakaan Aplikasi juga tersedia, yang pertama kali diperkenalkan di iOS 14, mengutip laporan GSM Arena, Selasa.

Laci aplikasi versi Apple adalah layar khusus yang secara otomatis menyortir semua aplikasi yang telah diinstal di perangkat sehingga pengguna tidak perlu menelusuri layar beranda untuk menemukan aplikasi tertentu. Perpustakaan Aplikasi dibangun ke dalam Dock, sehingga mudah diakses dari layar mana pun.

Baca juga: Apple siapkan iPad dan AirTags meluncur pertengahan Maret

Terdapat juga UI multitasking baru, memungkinkan pengguna membuat aplikasi layar penuh dengan cepat, atau masuk ke Split View, atau menggunakan Slide Over.

Di Split View, pengguna dapat mengusap ke bawah untuk mengganti aplikasi dengan yang baru di kedua sisi, dan hal yang sama berfungsi untuk aplikasi dengan banyak jendela.

Aplikasi "Notes" untuk iPad juga ditingkatkan, mendapatkan dukungan "mention" (untuk menandai orang agar mereka menerima pemberitahuan).

Baca juga: Apple rajai pasar tablet global, Samsung urutan kedua pada 2020

Adapun fitur "Quick Notes" baru membuat pengguna dapat dengan cepat mencatat catatan di iPad, Mac, atau iPhone, mengambil konten dari aplikasi dan situs web lain.

Aplikasi Terjemahan untuk pertama kalinya tersedia di iPadOS 15, lengkap dengan terjemahan bahasa otomatis dari apa yang diucapkan. Ada pula terjemahan seluruh sistem, bekerja di mana saja di OS, termasuk dengan Teks Langsung.

Terakhir, dengan Swift Playgrounds, pengguna dapat membuat aplikasi di iPad, dengan penyempurnaan kode dan sekumpulan perpustakaan serta panduan baru.

Beta pengembang iPadOS 15 pertama akan tersedia hari ini, sedangkan beta publik pertama akan keluar pada bulan Juli. Demikian dilansir dari GSM Arena.

Baca juga: Apple sedang buat iPad Pro charger nirkabel

Baca juga: Apple luncurkan iMac dan iPad Pro chip M1

Baca juga: Produksi iPad dan MacBook tertunda karena krisis pasokan hantam Apple

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021