Jakarta (ANTARA) - Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) penyelenggara AMI Awards menggandeng platform daring bernama Helo Indonesia untuk menghadirkan obrolan seputar perkembangan musik masa kini dalam sebuah program bernama #DialogMusik.

Kolaborasi itu dilakukan untuk mendukung para musisi di Indonesia agar tetap dapat produktif menghasilkan karya meski masih mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19 yang telah berjalan lebih dari satu tahun belakangan ini.

Baca juga: Dwiki Dharmawan rasakan sensasi "Padang Arafah" saat salat di tenda

"Musik adalah sebuah ekspresi budaya yang multidimensional, harapannya musik kita di Indonesia bisa merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran strategi juga dalam pembangunan nasional dan dalam ketahanan budaya nasional. Semoga semakin ke depan apresiasi masyarakat pada musik Indonesia semakin meningkat sehingga timbul sebuah kepercayaan diri dan motivasi dari para insan musik Indonesia untuk lebih berprestasi dan mengangkat derajat musik indonesia secara nasional dan regional,” kata Ketua Umum Yayasan AMI Dwiki Dharmawan dalam keterangannya, Selasa.

Ada pun beberapa musisi yang sudah mengikuti program "Dialog Musik” dalam kerja kolaboratif antara musisi dan penyedia jasa teknologi digital di antaranya Jevin Julian dan Rinni Wulandari membahas potensi mengeksplorasi musik anak- anak.

Lalu ada juga Fadly dari “Padi” yang mengisahkan betapa pentingnya sebuah kolaborasi di tengah masa sulit untuk tetap dapat produktif di masa pandemi. Ia bahkan menceritakan hasil kolaborasinya bersama gitaris Ade dari “Govinda” untuk mengeluarkan single berjudul “Tanpa Batas Waktu”.

Tema- tema yang kerap dianggap nyeleneh pun akan dikupas dalam program yang dipandu oleh Dwiki itu, misalnya seperti membahas genre musik dangdut.

Musik dangdut meski terkesan kuno namun semakin hari peminatnya semakin banyak karena rupanya bertahan dan mengikuti perkembangan zaman, tak jarang karya dangdut kini menjadi genre campuran.

Baca juga: Dwiki Dharmawan pilih silaturahmi virtual di tengah pandemi

Perbincangan soal dunia musik dangdut itu dikupas Dwiki bersama dengan Evi Masamba yang merupakan penyanyi dangdut jebolan ajang pencarian bakat D’Academy.

Dengan kehadiran acara itu, diharapkan musisi- musisi Indonesia dapat terus berekspresi dan membantu masyarakat awam memahami perkembangan musik di era yang serba canggih ini.

Kerjasama AMI Awards dan Helo Indonesia pun hadir setelah berkaca dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset Jakpat yang mencatat pada 2020 terdapat peningkatan pada kegiatan mendengarkan hiburan audio baik lagu ataupun podcast secara daring atau streaming.

Tercatat ada 63,3 persen responden yang mendengarkan audio dari layanan streaming untuk menghibur diri selama pandemi COVID-19 berlangsung.


Baca juga: Dua kali Ramadhan di tengah pandemi, Dwiki Dharmawan tetap bersyukur

Baca juga: Dwiki Dharmawan dan Nasyid Indonesia kolaborasi lagu religi

Baca juga: Dwiki Dharmawan gelar konser virtual bantu diaspora terdampak COVID-19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021