Prosedur vaksinasi di sini sangat mudah dan cepat
Jakarta (ANTARA) - Gramedia Matraman, Jakarta Timur, menjadi fasilitator tempat dan pelayanan untuk melaksanakan program vaksinasi COVID-19 bagi warga Kecamatan Matraman.

Regional Manager 3 Gramedia A Y Sudjana mengatakan pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan hasil kolaborasi pihaknya dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kecamatan Matraman.

"Kami menyadari pentingnya vaksinasi di masyarakat dan terus menginfokan kepada masyarakat Matraman untuk dapat divaksin COVID-19 di Gramedia Matraman," kata A. Y. Sudjana dalam keterangan resminya, di Jakarta, Selasa.

A. Y. Sudjana menambahkan bahwa program vaksinasi tersebut berlangsung selama lima hari mulai tanggal 7 - 11 Juni 2021 pada pukul 08.00-14.00 WIB. Setiap harinya tersedia 100 dosis vaksin AstraZeneca.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 ini, masyarakat hanya diwajibkan membawa KTP dengan domisili Kecamatan Matraman.

"Bila syarat ini terpenuhi, warga pun dapat langsung mendatangi Gramedia Matraman untuk mendaftarkan diri dan melakukan proses vaksinasi," ujar Sudjana.

Dia menjelaskan prosedur awal vaksinasi di Gramedia Matraman dimulai dengan registrasi dan verifikasi data.

Setelah itu, petugas kesehatan akan memeriksa tekanan darah calon penerima vaksinasi.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa peserta vaksinasi dalam keadaan layak vaksin.

Peserta yang memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung dan darah tinggi disyaratkan membawa surat rekomendasi ‘dapat mengikuti vaksin’ dari dokter spesialis.

Salah satu peserta vaksin, Sunarsih (41), mengatakan bahwa ia tidak menemui kesulitan saat melakukan proses vaksinasi di Gramedia Matraman.

"Prosedur vaksinasi di sini sangat mudah dan cepat," ujar Sunarsih.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021