Piala Eropa 2020

Kasus COVID-19 skuad Spanyol mungkin bertambah, kata presiden RFEF

Kasus COVID-19 skuad Spanyol mungkin bertambah, kata presiden RFEF

Para pemain tim nasional Spanyol termasuk kapten Sergio Busquets (kiri) menjalani sesi latihan untuk EURO 2020 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Kamis (3/6/2021). (ANTARA/AFP/Javier Soriano)

Jakarta (ANTARA) - Presiden federasi sepak bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales menyatakan ada kemungkinan jumlah kasus positif COVID-19 di skuad utama La Furia Roja bertambah.

Hasil positif tes COVID-19 kapten Sergio Busquets pada Minggu (6/6) praktis memaksa skuad Spanyol menjalani isolasi dan membuat tim U-21 dan pelatihnya mengambil alih laga pemanasan terakhir jelang EURO 2020 melawan Lithuania.

Jajaran pemain muda membayar lunas kepercayaan itu dengan kemenangan telak 4-0 atas Lithuania di Stadion Butarque, Leganes, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Ironisnya perubahan itu menimbulkan efek domino pada keputusan televisi nasional Spanyol, Television Espanola (TVE), yang membatalkan siaran pertandingan di kanal utamanya La 1 dan memindahkannya ke kanal turunan Teledeporte.

Baca juga: Pasukan muda Spanyol hantam Lithuania di tengah isolasi tim senior

Keputusan itu disayangkan oleh Rubiales, yang menyebut seharusnya TVE memperlakukan timnas dengan cara terhormat.

"Saya harap mereka memperlakukan timnas, yang mewakili seluruh warga Spanyol, dengan rasa hormat dan penuh kasih," kata Rubiales dilansir Reuters, Rabu WIB.

"Terlebih di masa-masa genting seperti sekarang. Kami memiliki satu kasus positif, yang sangat mungkin bertambah. Tapi para pemain yang tampil seharusnya dihormati, sebagaimana emblem di jersey mereka," ujarnya menambahkan.

Positifnya Busquets membuat Spanyol memanggil enam pemain senior untuk berjaga-jaga jika diperlukan pergantian skuad utama.

Baca juga: Kapten timnas Spanyol Sergio Busquet positif COVID-19
Baca juga: Kapten tim terkena COVID-19, Spanyol panggil pemain tambahan


RFEF juga menyatakan sejumlah pemain tim U-21 yang tampil lawan Lithuania bakal diminta tetap di gelembung paralel bersama Kepa Arrizabalaga, Raul Albiol, Carlos Soler, Brais Mendez, Pablo Fornals dan Rodrigo Moreno.

Keputusan itu jadi langkah rasional mengingat Spanyol akan memulai penampilan di Grup E menjamu Swedia di La Caturja, Sevilla, pada Senin (14/6) pekan depan.

Swedia juga baru saja mengumumkan dua anggota skuadnya positif COVID-19 yakni Dejan Kulusevski dan Martin Svanberg.

Baca juga: Prancis gasak Bulgaria tapi dibayangi ancaman cedera Karim Benzema
Baca juga: Hongaria cuma dapat hasil nirgol di pemanasan pemungkas EURO 2020
Baca juga: Polandia dipersulit Islandia dalam pemanasan terakhir jelang EURO 2020

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar