Lisabon (ANTARA News) - Pelatih Portugal Carlos Queiroz dipecat oleh Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) pada Kamis, setelah dikenai skorsing enam bulan karena menghina petugas anti doping sebelum Piala Dunia tahun ini.

"Mengingat event-event belakangan ini, para direktur FPF memutuskan dengan suara bulat untuk mengakhiri kontrak Carlos Queiroz dengan segera," kata presiden FRF Gilberto Madail dalam temu pers, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Keputusan ini telah dikomunikasikan dengan Carlos Queiroz, yang akan menerima alasan atas keputusan tersebut langsung dari tangan pertama," tambahnya.

Federasi telah memberi pelatih tersebut, yang kontraknya masih tersisa dua tahun, skorsing sebulan pada akhir Agustus namun otoritas anti-doping Portugal belakangan memperpanjang menjadi enam bulan.

Queiroz mengaku saling berkata kasar dengan dokter anti-doping dalam kunjungan mendadak mereka ke kamp latihan Portugal pada Mei.

Akan tetapi, pelatih tersebut mengatakan ia hanya menunjukkan kekesalan karena pemainnya yang sedang istirahat terganggu dan berjanji akan meminta banding atas skorsing tersebut kepada Pengadilan Arbitrasi untuk Olah Raga.

Madail mengatakan, FPF akan mulai mencari pengganti untuk menangani tim sebelum pertandingan kualifikasi Euro 2012 bulan depan di kandang sendiri melawan Denmark dan bertandang ke Islandia.

Portugal berada di urutan kedua dari bawah dalam Grup H dengan satu poin dari dua pertandingan pertama mereka setelah kalah 0-1 di Norwegia pada Selasa setelah bermain imbang 4-4 di kandang melawan Siprus pada Jumat.

Penampilan awal mereka yang buruk terjadi ketika pemain kunci, pemain sayap Cristiano Ronaldo, absen karena cedera pergelangan kaki dan karena dikenai larangan Queiroz harus menyaksikan pertandingan dari tribun.

Agostinho Oliveira, yang bertugas sebagai pelatih sementara, mengatakan, kontroversi seputar Queiroz bukan alasan untuk penampilan buruk tim dalam pertandingan pembuka mereka.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010