NBA

Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA

Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA

Pemain Denver Nuggets Nikola Jokic saat tampil pada babak pertama playoff melawan Portland Trail Blazers di Moda Center, Portland, Oregon, 29 Mei 2021. ANTARA/AFP/Steph Chambers/aa.

Jakarta (ANTARA) - Center Denver Nuggets Nikola Jokic memenangkan penghargaan Most Valuable Player NBA musim 2020-2021 sehingga menjadi pemain pertama klub itu dan pemain draft putaran kedua pertama dalam sejarah NBA yang mendapatkan penghargaan ini.

Jokic selalu dimainkan sebagai starter dalam semua dari 72 laga Nuggets untuk mengemas rata-rata 26,4 poin, 10.8 rebound dan 8,3 assist per pertandingan yang juga merupakan catatan terbaik selama kariernya.

Pebasket Serbia ini memiliki efektivitas lemparan 56,6 persen dari lemparan, termasuk 38,8 persen dari lemparan tiga angka, dan efektivitas 86,8 persen dalam lemparan bebasnya. Menjadi All-Star selama tiga tahun berturut-turut, Jokic juga mencetak rata-rata 1,3 steal dan 0,7 blok per pertandingan.

Jokic mendapatkan 91 suara dari total 101 suara untuk memperoleh 971 poin. Center Philadelphia 76ers Joel Embiid menduduki urutan kedua dengan 586 poin dan guard Golden State Warriors Stephen Curry menempati posisi ketiga dengan 453 poin.

Baca juga: Pelatih Knicks Thibodeau dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA
Baca juga: Nikola Jokic bawa Nuggets lolos ke semifinal Wilayah Barat


Pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo yang menjadi MVP dalam dua musim sebelumnya dan pemain Phoenix Suns Chris Paul masing-masing menduduki urutan keempat dan kelima.

Jokic juga membuat rata-rata 31,4 poin dan 10,3 rebound selama tujuh pertandingan playoff. Nuggets finis urutan ketiga Wilayah Barat dengan statistik menang-kalah 47-25 dan menyingkirkan Portland Trail Blazers dalam babak pertama playoff setelah memainkan enam gim. Denver mengawali semifinal wilayah dengan kalah 105-122 dari Phoenix Suns kemarin.

Indikator terbesar yang membuat Jokic mendapatkan status MVP adalah bagaimana Nuggets bertahan setelah guard Jamal Murray absen karena cedera sejak 12 April. Namun kehadiran Jokic membuat Nuggets mengamankan unggulan ketiga di wilayahnya.

Jokic menciptakan 60 kali double-double dan 16 kali triple-double sepanjang tahun ini. Dia melewati Dikembe Mutombo untuk pemain Nuggets yang paling banyak menciptakan double-double dan Fat Lever dalam hal triple double. Dia juga menjadi pemain NBA ketiga setelah Elgin Baylor dan Wilt Chamberlain yang menuntaskan musim reguler pada peringkat kelima dalam hal jumlah poin, rebound dan assist, demikian laporan Reuters.


Baca juga: NBA denda Presiden 76ers Daryl Morey soal cuitannya di Twitter
Baca juga: Suns ambil alih kuarter ketiga untuk menangi seri pembuka atas Nuggets
Baca juga: Tanpa Harden, Nets ungguli Bucks 2-0 dalam semifinal Wilayah Timur

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar