Murid SMAN 77 Jakarta ikuti ujian akhir tahun saat PTM

Murid SMAN 77 Jakarta ikuti ujian akhir tahun saat PTM

Siswa di SMAN 77 Cempaka Putih melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) saat uji coba pembelajaran tatap muka tahap dua, Jakarta Pusat, Rabu (9/6/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

sekolah membatasi tidak lebih dari 10 siswa yang mengikuti PTM, sisanya dilaksanakan secara daring
Jakarta (ANTARA) - Puluhan murid kelas X dan XI di SMAN 77 Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat, mengikuti ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) saat pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap dua di sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 77 Jakarta, Sri Rahmina Utami, menjelaskan bahwa dalam PTM hari pertama ini, ada 6 kelas yang dibuka, yakni 3 kelas X IPS dan 3 kelas X IPA.

Baca juga: 226 sekolah ikut uji coba PTM mulai Rabu

"Hari ini 'piloting' di SMAN 77 Jakarta adalah hari pertama di mana yang masuk kelas X, yang tentunya sudah mendapatkan izin orang tua," kata Utami saat ditemui di SMA 77 Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu.

Ada pun dalam penyelenggaraan PTM hari pertama, para siswa tengah mengikuti ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau ujian untuk kenaikan kelas.

Dalam setiap kelas, sekolah membatasi tidak lebih dari 10 siswa yang mengikuti PTM. Sisanya, siswa mengikuti ujian lewat aplikasi daring yang telah disediakan oleh sekolah.

Baca juga: Disdik DKI belum putuskan ikuti arahan skema PTM dari presiden

Dari pantauan Antara, setiap kelas hanya diisi sekitar 3-4 siswa. Meski sekolah telah mengantongi lebih dari 50 persen izin dari orang tua murid, kenyataannya isi setiap kelas tidak sampai 10 murid.

"Dari 'assesment' dan jadwal yang ada memang sekitar 60 siswa, tapi dari yang hadir ternyata ada konfirmasi dari keluarga yang sakit dan sebagainya, hanya sekitar 50 siswa," kata Utami.

Baca juga: Ruang ganti disiapkan untuk belajar tatap muka di SMK Jakarta Timur

Ia menambahkan bahwa pihaknya selalu melakukan sosialisasi kepada orang tua murid, agar selalu menginformasikan jika anaknya mengalami gejala sakit, seperti kenaikan suhu badan, pusing hingga demam.

Ada pun 'piloting' PTM di SMAN 77 Jakarta dilakukan selama tiga hari dalam seminggu, yakni Senin, Rabu dan Jumat dengan pergantian kelas. Pada Jumat (11/6) nanti, PTM di SMAN 77 diikuti oleh kelas XI.

Selain SMAN 77 Jakarta, piloting PTM di wilayah Jakarta Pusat II juga dilaksanakan di SDN Kenari 07 Jakarta, SMK Muhammadiyah 11 Kemayoran dan SMK 21 Kemayoran.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polije gelar ujian seleksi masuk PTN secara daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar