Kita terus menggencarkan testing dan tracing di wilayah - wilayah yang terjadi kenaikan kasus
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang mengimbau kepada masyarakat yang mengalami gejala mengarah COVID-19 atau merasa kontak erat untuk segera melakukan testing ke puskesmas terdekat untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran.

"Jika merasa melakukan kontak erat atau mengalami gejala yang mirip dengan COVID-19, segera periksa ke puskesmas agar dapat segera ditangani untuk menekan terjadinya penyebaran," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota, Buceu Gartina di Tangerang, Rabu.

Baca juga: BNPB gelar pelatihan relawan COVID-19 se Tangerang Raya

Ia mengatakan telah menggelar rapat koordinasi secara virtual yang diikuti oleh seluruh kepala OPD beserta lurah dan kepala puskemas se-Kota Tangerang yang di pimpin Oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dengan agenda pembahasan antisipasi kenaikan kasus COVID-19.

"Dari hasil rapat, ditentukan sejumlah keputusan dan kegiatan yang akan dilakukan oleh jajaran Pemkot Tangerang," katanya.

Buceu menerangkan dari upaya Pemkot Tangerang dalam melakukan "tracing" dan "testing" di wilayah di Kota Tangerang terdapat beberapa kenaikan kasus COVID-19.

Baca juga: Wakapolda Metro tinjau posko penutupan skala mikro di Tangerang

"Kita terus menggencarkan testing dan tracing di wilayah - wilayah yang terjadi kenaikan kasus, guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Selain itu, dari hasil rapat yang kami lakukan kami juga mengaktifkan kembali Operasi Aman Bersama (OAB) guna mengingatkan pentingnya protokol kesehatan di masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Jumlah kasus COVID-19 klaster kerja bakti di Tangerang bertambah

Selain itu, Buceu menuturkan sebagai salah satu langkah antisipasi lonjakan kasus, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mempersiapkan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT).

"Dan selain OAB yang akan kami lakukan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mempersiapkan RIT sebagai antisipasi apabila terjadi lonjakan kami sudah siap untuk penanganannya," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021