Jakarta (ANTARA) - Joel Embiid mencetak poin terbanyak sepanjang kariernya dengan 40 poin yang masih ditambah 13 rebound ketika tuan rumah Philadelphia 76ers menyamakan kedudukan 1-1 semifinal playoff NBA Wilayah Timur setelah menang di gim kedua 118-102 atas Atlanta Hawks, Selasa (Rabu WIB)

Dilaporkan Reuters, Embiid sebelumnya sempat diragukan tampil karena mengalami masalah pada lutut kanannya.

Tobias Harris mempersembahkan 22 poin dan Seth Curry menyumbangkan 21 poin, termasuk dari lima lemparan tiga angka, untuk Sixers. Shake Milton membukukan 14 poin selama 14 menit bermain dari bangku cadangan. Pemain cadangan Philadelphia dibuat tak mencetak satu pun poin pada paruh pertama, namun bisa mengumpulkan 26 poin pada paruh kedua.

Trae Young memimpin Hawks dengan 21 poin dan 11 assist, sedangkan Danilo Gallinari menyumbangkan 21 poin dan sembilan rebound, dan Kevin Huerter membuat skor tertinggi selama karir playoffnya dengan 20 poin. Akan halnya Bogdan Bogdanovic mengemas 14 poin, sedangkan Clint Capela mengkreasi 10 poin.

Forward Hawks De'Andre Hunter absen pada dua laga berturut-turut karena kesakitan pada lutut kanannya.

Baca juga: Suns ambil alih kuarter ketiga untuk menangi seri pembuka atas Nuggets
Baca juga: Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA


Gim 3 semifinal Wilayah Barat antara kedua tim akan dimainkan di Atlanta, Jumat.

Sixers langsung memimpin 23-6, tetapi Hawks yang bermain sabar pelan-pelan menempel sampai kedudukan 37-35 menjelang kuarter kedua.

Jumper dari Embiid lalu membuat Sixers memimpin sampai selisih 11 poin pada 4 menit 52 detik terakhir paruh pertama. Gallinari memasukkan lemparan tiga angka yang membuat Hawks ketat menempel 57-55 pada paruh pertama.

Harris mencetak 18 poin sebelum jeda dan Embiid memasukkan 16 poin namun dia dikenai tiga foul selama paruh pertama. Huerter dan Gallinari masing-masing menyumbangkan 15 poin paruh pertama untuk Atlanta.

Sekitar tujuh menit terakhir kuarter ketiga Sixers memimpin 73-63. Hawks berusaha memangkas defisit sampai kedudukan 79-78 pada 3 menit 46 detik terakhir kuarter ketiga berkat sebuah lemparan tiga angka dari Bogdanovic. Pada dua menit tersisa Hawks untuk pertama kalinya memimpin pada kedudukan 80-79 berkat sepasang lemparan bebas dari Young.

Milton membawa Sixers unggul 91-84 sampai kuarter ketiga berakhir. Milton dan Dwight Howard lalu membuat Sixers melesat 11-0 pada awal kuarter keempat sehingga dengan cepat menjauh sampai selisih 18 poin. Milton memasukkan sebuah lemparan tiga poin yang membawa Sixers unggul 102-84 ketika waktu tersisa 9 menit 45 detik.

Pemain Atlanta Hawks John Collins sukses melakukan offensive rebound dan kemudian mencetak poin pada 8 menit 25 detik tersisa guna membawa Hawks mendekat pada kedudukan 104-88. Collins menuntaskan laga ini dengan mencatat rebound terbanyak Hawks dengan 10 rebound.

Menurut Reuters Hawks melakukan 18 kali salah umpan yang membuat Philadelphia mengonversinya menjadi 28 poin. Atlanta sendiri hanya bisa mengonversi tujuh poin dari total sembilan salah umpan Sixers.

Baca juga: NBA denda Presiden 76ers Daryl Morey soal cuitannya di Twitter
Baca juga: Pelatih Knicks Thibodeau dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA
Baca juga: Tanpa Harden, Nets ungguli Bucks 2-0 dalam semifinal Wilayah Timur

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021