IPB dan UT selenggarakan diskusi virtual penguatan SDM kearsipan

IPB dan UT selenggarakan diskusi virtual penguatan SDM kearsipan

Pembicara dalam "Webinar Nasional dan Pameran Kearsipan" yang diadakan IPB dan Universitas Terbuka (ANTARA/HO-IPB University)

Jakarta (ANTARA) - Unit Arsip IPB University melakukan kerja sama dengan Unit Kearsipan Universitas Terbuka (UT) untuk melakukan diskusi virtual guna menguatkan sumber daya manusia kearsipan, khususnya dalam pengetahuan tertib arsip.

Menurut keterangan resmi IPB University yang diterima di Jakarta, Rabu, "Webinar Nasional dan Pameran Kearsipan" diadakan dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional.

Baca juga: IPB University-Jomo Kenyatta University jajal kerja sama akademik

Baca juga: Pakar IPB jelaskan fenomena telur dalam telur yang viral di Tiktok


"Saya berharap webinar dapat bermanfaat agar lebih memahami tertib arsip dalam pekerjaan sehari-hari, dan dapat berperan dalam pengelolaan arsip secara profesional, sehingga arsip benar-benar dapat terkelola dengan baik dan benar serta menjadi bukti akuntabilitas kinerja di instansinya masing-masing," ujar Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Alumni, Dodik Ridho Nurrochmat.

Dalam kesempatan itu, Dodik menyampaikan tentang sejarah perintisan pengelolaan arsip di IPB University dengan membentuk satu bidang kearsipan di Perpustakaan IPB University.

Lembaga Kearsipan IPB University diberi nama Unit Arsip dan mempunyai tanggung jawab dalam pengelolaan arsip statis dan pembinaan kearsipan di lingkungan universitas.

Sampai saat ini, Unit Arsip IPB University secara rutin melakukan peningkatan ilmu dan pengetahuan mengenai kearsipan. Hal itu dilakukan karena penyelenggaraan tugas umum pekerjaan sehari-hari harus dengan mengimplementasikan kearsipan secara baik dan benar.

Hal itu sejalan dengan Gerakan tertib Arsip dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel dan transparan.

Baca juga: Pakar IPB apresiasi UDP yang beraktivitas dalam Data Desa Presisi

Dengan demikian, diharapkan diskusi itu akan membantu dalam menyosialisasikan dan mewujudkan sadar tertib arsip di kalangan sumber daya manusia kearsipan.

Sadar tertib arsip tersebut meliputi tertib kebijakan kearsipan, tertib organisasi kearsipan, tertib sumber daya manusia kearsipan, tertib prasarana dan sarana kearsipan, tertib pengelolaan arsip, dan tertib pendanaan kearsipan

Diskusi itu dihadiri oleh sekitar 410 orang dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti secara virtual dan berasal dari berbagai institusi.

Hadir sebagai pembicara, Deputi Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Sumrahyadi, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka Drs Moh Muzammil, Kepala Unit Arsip IPB University B Mustofa, dan Kepala Unit Kearsipan Universitas Terbuka Siti Samsiyah.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar