Ganjar tegaskan Sentra Vaksinasi Gradhika diprioritaskan untuk lansia

Ganjar tegaskan Sentra Vaksinasi Gradhika diprioritaskan untuk lansia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek Sentra Vaksinasi Gradhika. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Gradhika, Kota Semarang, diprioritaskan untuk kalangan lanjut usia atau usia masyarakat berumur 50 tahun ke atas.

"Sekarang pulang dulu, besok ke sini lagi bawa orang tuanya ya, yang usianya 50 tahun lebih. Tetangga juga boleh, yang penting manula karena vaksin ini diprioritaskan manula dulu," katanya di Semarang, Rabu.

Kendati demikian, masyarakat yang usianya di bawah 50 tahun diizinkan ikut vaksinasi, namun boleh dengan syarat harus membawa orang tua atau tetangga berusia minimal 50 tahun sebanyak dua orang.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Jateng itu usai menertibkan antrean masyarakat di Sentra Vaksinasi Gradhika yang sempat membludak akibat antusiasme yang cukup tinggi dalam mengikuti vaksinasi COVID-19.

Ganjar menjelaskan bahwa program vaksinasi diprioritaskan untuk lansia sebab jumlah vaksin COVID-19 saat ini masih sangat terbatas.

"Nanti bulan Juli kita akan dapat stok vaksin banyak, nah nanti itu bisa dipakai untuk selain lansia. Jadi sabar ya, kita prioritaskan dulu yang lansia," ujarnya.

Baca juga: Jateng siapkan tempat karantina tangani lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Jateng percepat vaksinasi bentengi masyarakat dari COVID-19

Ganjar juga mengimbau masyarakat yang akan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Gradhika agar tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Dirinya juga telah mengevaluasi dan membuat protokol antrean baru agar tidak terjadi kerumunan orang.

"Mereka datang terlalu pagi, dan kami lambat untuk mengantisipasi, maka begitu saya dikabari ada kerumunan, saya langsung cek. Ternyata mereka datang sebelum jam layanan, jadi belum terantisipasi model antreannya, tapi tadi begitu saya datang, langsung diatur," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyebut ada informasi keliru yang sudah beredar di masyarakat melalui grup WhatsApp terkait dengan pelaksanaan vaksinasi yakni penerima vaksin adalah usia 18-59 tahun.

Sentra Vaksinasi Gradhika akan dilaksanakan tiap hari mulai 8 Juni 2021 hingga akhir Desember 2021 dengan prioritas kalangan lanjut usia dan target 1.000 orang tervaksin setiap harinya.

Vaksinasi dilayani Senin-Jumat pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB tanpa dipungut biaya atau gratis, sedangkan syarat divaksin adalah membawa KTP Jawa Tengah.

Baca juga: Delapan daerah zona merah COVID-19 di Jateng diberi instruksi khusus
Baca juga: Kasus aktif di Kudus melonjak 806, Polda Jateng siap bantu penanganan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden kunjungan kerja ke Jateng sambil tinjau program vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar