Berburu mangsa, seekor harimau sumatera masuki perkampungan warga Siak

Berburu mangsa, seekor harimau sumatera masuki perkampungan warga Siak

Ilustrasi - Harimau Sumatera liar berada di dalam kerangkeng besi sebelum proses pelepasliaran di Kawasan Ekosistem Leuser Kabupaten Gayo Lues, Aceh,ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc/pri.

Pekanbaru (ANTARA) - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) memasuki perkampungan masyarakat di Kabupaten Siak, Provinsi Riau dan memangsa seekor ayam milik warga setempat.

"Harimau yang memasuki pemukiman warga itu sempat diambil videonya oleh warga dan sudah beredar di masyarakat setempat," kata Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Pihaknya telah menerima dua rekaman video yang berbeda di lokasi yang sama dari pihak manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas. Video pertama pada siang hari dan video kedua menunjukkan kondisi lokasi tersebut malam hari.

Lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu, katanya, masuk dalam "landscape" Semenanjung Kampar. Kawasan itu merupakan habitat Harimau Sumatra.

"Kita sudah berkomunikasi dan melakukan bimbingan teknis terhadap perusahaan, kemudian pihak perusahaan juga berkomitmen untuk memantau lokasi menggunakan kamera trap. Hingga saat ini belum terlihat lagi kemunculan harimau di lokasi itu sejak beberapa waktu lalu," katanya.

Berdasarkan informasi warga, satwa dilindungi itu memasuki perkampungan warga pada Maret 2021 dan informasi diterima pihak BKSDA Riau awal April 2021, sedangkan rekaman video diambil karyawan kebun di Kampung Teluk Lanud, Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Berdasarkan hasil pengecekan lokasi, katanya, harimau itu diperkirakan berusia remaja dengan jenis kelamin jantan. Dilihat dari rekaman video, harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa.

Baca juga: BKSDA lepas liarkan harimau sumatra ke Taman Nasional Gunung Leuser
Baca juga: Tim BBKSDA Sumut temukan jejak harimau sumatra di Desa Bukit Mas
Baca juga: BKSDA: Harimau sumatra berkeliaran di perkebunan di Aceh Timur

Pewarta: Frislidia
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BBKSDA Riau temukan lagi harimau mati terjerat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar