Antisipasi bahan berbahaya, Pemkot Jaksel cek pangan di pasar swalayan

Antisipasi bahan berbahaya, Pemkot Jaksel cek pangan di pasar swalayan

Petugas memeriksa daging yang dijual di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan mengecek keamanan pangan di sejumlah pasar swalayan dan pasar tradisional.

"Setelah dilakukan uji lab tidak ada makanan yang mengandung bahan berbahaya," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Selatan Mukhlisin di Jakarta, Rabu.

Petugas mengambil sejumlah sampel di antaranya sayuran, daging, ikan, hingga produk olahan lainnya untuk diuji.

Bahan pangan itu dikumpulkan dari lima titik, yakni Primo Supermarket Cilandak Town Square, Pasar Pondok Labu, Carrefour Lebak Bulus, Pasar Mede dan Pasar Cipete Selatan.

Pengujian bahan pangan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kandungan bahan kimia berbahaya di antaranya formalin, klorin hingga residu pestisida.

Muhklisin menambahkan tujuan kegiatan itu untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat saat membeli bahan makanan seperti daging, ikan dan sayuran.

"Pengawasan ini rutin kami lakukan, agar masyarakat yakin bahwa tempat pusat pembelanjaan ini tidak terjadi masalah serta memiliki standar layak konsumsi untuk masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Primo Supermarket Yosep Heru Sukahadi mengatakan pihaknya mendukung kegiatan pengujian bahan pangan yang dijual di toko modern itu.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dengan adanya pengawasan ini. Semoga bisa menambah layanan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Jakarta Selatan uji keamanan pangan jelang Lebaran
Baca juga: Petugas gabungan uji keamanan pangan di Lotte Mart Kelapa Gading
Baca juga: DKI jamin ketersediaan dan keamanan pangan jelang Ramadhan

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

LIPI imbau pelaku UMKM, perhatikan kualitas dan keamanan pangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar