Piala AFC

Jacksen: Persipura siap arungi Piala AFC 2021 di mana saja

Jacksen: Persipura siap arungi Piala AFC 2021 di mana saja

Ilustras - Pelatih Jacksen F. Tiago (tengah) berikan arahan ke pesepak bola Persipura Jayapura di Stadion Mahacendra Universitas Cendrawasih (Uncen), Kota Jayapura, Papua, Jumat (9/4/2021). Laga eksebisi antara Persipura melawan PS Uncen tersebut menjadi persiapan Persipura menghadapi play off Piala AFC pada 19 Mei mendatang. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jacksen Tiago menegaskan bahwa skuadnya siap mengarungi Piala AFC 2021 di mana saja turnamen itu akan digelar.

Hal itu disampaikan Jacksen saat konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Rabu, menanggapi mundurnya Singapura sebagai tuan rumah Grup G, H (yang diisi Persipura) dan I Piala AFC 2021.

"Lebih baik lagi jika pertandingan berlangsung di tempat netral. Misalnya kalau berlangsung di Singapura, pasti tim Singapura lebih menguasai medan," ujar pria asal Brazil tersebut.

Jacksen sendiri menilai, wajar bila Singapura tidak ingin menjadi negara penyelenggara Piala AFC 2021 karena semakin tingginya kasus COVID-19 di negara tersebut.

Menurut juru taktik yang tiga kali membawa Persipura juara Liga Indonesia tersebut, nyaris semua wilayah di dunia mengalami hal seperti Singapura.

Baca juga: Jacksen nilai performa Persipura belum sesuai harapan jelang Piala AFC

Meski demikian, Jacksen menyadari ada tempat yang masih membuka diri untuk pertandingan sepak bola AFC atau FIFA seperti Uni Emirat Arab (UEA) yang menjadi lokasi laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang dihuni tim nasional Indonesia.

Andai lokasi Piala AFC 2021 bergeser dari Singapura ke kawasan Timur Tengah pun, pria berusia 53 tahun tersebut juga tidak mempermasalahkannya.

"Saya rasa situasi di wilayah Arab tidak terlalu jauh berbeda dengan di Indonesia. Bahkan bagi Persipura, semakin panas semakin bagus," tutur Jacksen.

Baca juga: Persipura fokus hadapi playoff Piala AFC

Persipura Jayapura terus menyiapkan diri menuju Piala AFC 2021. Skuad Mutiara Hitam telah menuntaskan beberapa laga uji coba seperti melawan Bhayangkara U-20 (menang 4-0), PSG Pati (kalah 0-1), Malang United (menang 9-1) dan Persik Kediri (menang 2-1).

Pada uji coba berikutnya, Persipura akan menghadapi Persita Tangerang pada Minggu (13/6).

Di Piala AFC 2021, Persipura bergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Saigon FC (Vietnam).

Tim Mutiara Hitam dijadwalkan berlaga pada 29 Juni-5 Juli 2021. Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada kejelasan mengenai lokasi pertandingan Grup H tersebut.

Selain Persipura, Indonesia memiliki satu wakil lain di Piala AFC 2021 yakni Bali United yang berada di Grup G.

Baca juga: Pertandingan grup Zona Timur Piala AFC ditunda karena COVID-19
Baca juga: PSSI: AFC tunjuk Indonesia tuan rumah Piala Asia Putri U-17 2022

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Perangi COVID-19, Boaz Solossa lelang jersey TSC 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar