Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jacksen Tiago menyebut bahwa fisik dua pemain asingnya yaitu Henrique Marcelino Motta dan Yevhen Bokhashvili masih ketinggalan dari pemain lain.

"Fisik mereka sangat lemah, sangat ketinggalan dibandingkan pemain lain," ujar Jacksen dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Dia melanjutkan, itulah yang membuat Motta belum pernah diturunkan secara penuh dalam laga-laga uji coba Persipura.

Paling lama, bek Brazil tersebut bermain selama sekitar 20 menit saat melawan Persik Kediri dalam pertandingan uji coba.

"Kemungkinan dia akan berlaga 45 menit saat menghadapi Persita, 13 Juni nanti," kata Jacksen.

Sementara Bokhashvili belum bertanding demi menghindarkannya dari cedera.

Baca juga: Jacksen nilai performa Persipura belum sesuai harapan jelang Piala AFC

Jacksen menegaskan bahwa Persipura membutuhkan semua pemain asingnya dalam kondisi prima untuk menjalani turnamen terdekat yaitu Piala AFC 2021.

"Meski fisiknya masih kurang, kemampuan pemain asing ini di atas rata-rata. Oleh karena itu kami takut mereka cedera," kata juru taktik yang membawa Persipura tiga kali juara Liga Indonesia itu.

Sampai berita ini diturunkan, Persipura sudah mengikat tiga pemain asing. Selain Motta dan Bokhashvili (Ukraina), tim Mutiara Hitam juga diperkuat Takuya Matsunaga (Jepang) yang berada di Persipura sejak tahun 2020.

Baca juga: Jacksen: Persipura siap arungi Piala AFC 2021 di mana saja

Sejatinya, Persipura bisa mendatangkan satu lagi pemain asing untuk memenuhi kuota 3+1, yaitu tiga pemain nonAsia dan satu Asia, sesuai regulasi Liga 1 Indonesia.

Akan tetapi, Jacksen Tiago belum ingin berandai-andai mengenai hal tersebut.

"Saya sebenarnya berharap kami mempunyai empat pemain asing. Namun semuanya tergantung manajemen," tutur laki-laki berusia 53 tahun itu.

Di Piala AFC 2021, Persipura bergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Saigon FC (Vietnam).

Tim Mutiara Hitam dijadwalkan berlaga pada 29 Juni-5 Juli 2021. Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada kejelasan mengenai lokasi pertandingan Grup H tersebut.

Sementara Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 rencananya bergulir mulai 10 Juli 2021 sampai Maret 2022.

Baca juga: Persipura fokus hadapi playoff Piala AFC
Baca juga: Sudirman: Fisik pemain Persija masih 60-70 persen
Baca juga: LIB: Protokol kesehatan Piala Menpora diterapkan di liga

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021