Masuknya USU ke dalam pemeringkatan kampus top dunia merupakan langkah awal yang positif
Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) pertama kali masuk dalam pemeringkatan kampus top dunia, sebagaimana dirilis lembaga pemeringkat universitas dunia, Quacquarelli Symond (QS) World University Rankings (QS-WUR) 2021, yang menempatkan USU berada di peringkat 1.201+ dunia dengan QS Stars 3.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, Rabu (9/6) di Medan mengatakan masuknya USU ke dalam pemeringkatan kampus top dunia merupakan langkah awal yang positif.

Ia menyebutkan USU ingin menjadi universitas berkelas dunia (world class university).

"Tahun depan kita akan perbaiki nilainya dan mudah-mudahan bisa meningkat lagi peringkatnya," katanya.

Iao mengatakan, QS Ranking adalah indikator terukur yang ditetapkan di Renstra USU periode ke-2 dan termasuk dalam target yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek.

Para pimpinan dan peneliti yang ada di lingkungan USU perlu mengetahui metodologi pemeringkatan QS Ranking dan capaian yang telah diraih USU.

"Sehingga diperoleh rekomendasi apa sebaiknya yang dilakukan USU untuk mempercepat langkah menuju world class university," kata Muryanto Amin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, QS WUR pada tahun 2021 ini telah merilis 1.000 universitas terbaik dari seluruh dunia mencakup 80 lokasi berbeda.

Baca juga: USU masuk dalam peringkat ke-15 THE Impact Rankings

Baca juga: Mendikbud: USU buktikan komitmen terhadap dunia pendidikan

Baca juga: USU peringkat ke-25 untuk Asia Tenggara

Baca juga: Rektor: USU peringkat pertama jumlah publikasi ilmiah scopus

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021