Waksin COVID-19 saat ini sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi di berbagai dunia, termasuk negara di Asia Pasifik
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia sedang mendorong komitmen bersama sejumlah negara yang tergabung dalam keanggotaan Asia Pacific Economic Community (APEC) untuk mewujudkan percepatan akses vaksin, obat-obatan dan peralatan penunjang penanganan COVID-19.

"Upaya ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian, perdagangan dan pariwisata di tingkat Asia Pasifik. Serta demi mewujudkan keadilan vaksin bagi semua," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut dia vaksin COVID-19 saat ini sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi di berbagai dunia, termasuk negara di Asia Pasifik.

"Karena vaksin akan sangat efektif dalam mengendalikan pandemi COVID-19 apabila pemberiannya diberikan secara masif, salah satunya melalui program vaksinasi massal," katanya.

Ia mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengakselerasi program vaksinasi sambil berusaha untuk memenuhi ketersediaan vaksin di Indonesia, baik yang bersumber dari luar negeri ataupun dari produksi dalam negeri.

Dalam pelaksanaan program vaksinasi di Tanah Air, katanya, pemerintah mendahulukan populasi yang memiliki risiko seperti warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia serta populasi kunci pembangunan nasional seperti guru.

Ia menambahkan hingga Selasa (8/6) jumlah penerima vaksin COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 40,3 juta orang. Terdiri atas tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

"Pemerintah pusat terus mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin. Sehingga semakin banyak yang terlindungi, sekaligus meminimalisasi penularan yang terjadi di masyarakat," demikian Wiku Adisasmito.

Baca juga: Isu vaksin COVID-19 diharapkan jadi fokus temu APEC minggu ini

Baca juga: Selandia Baru dorong APEC bebaskan bea masuk barang esensial COVID-19

Baca juga: Para mendag APEC sepakat untuk percepat penyaluran vaksin lintas batas

Baca juga: Mendag Lutfi dorong anggota APEC perkuat fasilitas perdagangan vaksin

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021