Presiden Argentina picu amarah sebut orang Brazil 'berasal dari hutan'

Presiden Argentina picu amarah sebut orang Brazil 'berasal dari hutan'

Presiden Argentina Alberto Fernandez dan ibu negara Fabiola Yanez berdiri di sebelah peti jenazah legenda sepak bola Diego Maradona di istana kepresidenan Casa Rosada, di Buenos Aires, Argentina, Kamis (26/11/2020). ANTARA FOTO/Argentina Presidency/Handout via Reuters/NZ/djo

Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun, dalam hal apa pun, siapa pun yang merasa tersinggung atau terabaikan, saya meminta maaf,
Buenos Aires (ANTARA) - Presiden Argentina Alberto Fernandez memicu badai amarah di Twitter dan debat ras regional pada Rabu (9/6) dengan komentar salah yang menyebutkan bahwa orang Brazil "berasal dari hutan".

Komentar Presiden Fernandez, yang disampaikan kepada Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang sedang berkunjung ke Argentina, disampaikan saat ia berusaha untuk meningkatkan hubungan negara Amerika Selatan itu dengan Eropa.

"Warga Meksiko berasal dari suku India (penduduk asli Amerika), orang-orang Brazil berasal dari hutan, tetapi kami orang-orang Argentina datang dari kapal-kapal. Dan mereka adalah kapal-kapal yang datang dari Eropa," kata Fernandez.

Baca juga: Presiden terpilih Argentina akan temui dan bekerjasama dengan Macri

Perkataan Fernandez itu merujuk pada banyak warga migran Eropa di negara itu.

Namun, dia kemudian meminta maaf atas komentar tersebut dan mengatakan keragaman negaranya adalah sesuatu yang bisa dibanggakan.

Saat membuat komentar itu, Fernandez tampaknya telah mengambil frase dari sebuah lagu yang dinyanyikan oleh musisi lokal, Lito Nebbia, dan Presiden Argentina itu telah menyatakan dirinya sebagai pengagum Nebbia pada beberapa kesempatan.

Komentar tersebut memicu tanggapan viral di media sosial, dengan banyak yang mengkritik Fernandez karena ketidakpekaannya terhadap isu rasial.

"Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun, dalam hal apa pun, siapa pun yang merasa tersinggung atau terabaikan, saya meminta maaf," kata Fernandez di Twitter.

Media Brazil pada Rabu (9/6) memuat pernyataan Fernandez dan banyak orang di media sosial menyampaikan candaan bahwa Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang merupakan politisi sayap kanan akan senang membalas komentar pemimpin sayap kiri Argentina itu.

Bolsonaro pun menanggapi dengan mengunggah foto dirinya di Twitter mengenakan penutup kepala khas penduduk asli, tersenyum di antara sekelompok penduduk asli. Satu-satunya teks dalam cuitannya adalah kata "HUTAN" dalam huruf besar, yang diapit oleh emoji bendera Brazil.

Eduardo Bolsonaro, seorang anggota kongres dan putra presiden Brazil, mengecam komentar Fernandez itu sebagai ucapan "rasis" dan membalas dengan menyoroti ekonomi Argentina yang bermasalah karena negara itu berada dalam resesi sejak 2018.

"Saya katakan kapal yang tenggelam itu milik Argentina," tulis Eduardo di Twitter.

Para netizen Argentina di YouTube menyampaikan balasan di bawah video pidato Fernandez dengan mengekspresikan kemarahan atau kegelisahan.

"Permisi, teman-teman Meksiko dan Brazil, atas nama semua orang Argentina, kami merasa sangat malu. Anda tahu betapa kami mencintai Anda, dan negara serta adat-istiadat Anda," kata salah satu pengguna YouTube asal Argentina bernama Barbara Bongiovanni.

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar