Boyolali (ANTARA News) - Tim Search and Rescue (SAR) menemukan lagi dua korban tewas tenggelam di Waduk Kedung Ombo, Dusun Grenjengan, Desa Watugede, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin.

Dua korban tewas yakni Mulyono (21), warga Dusun Gejukan, Desa Pelemrejo, Kecamatan Andong, dan Tukiman (39) warga Dusun Grenjengan, Desa Watugede, Kemusu. Kedua korban ditemukan oleh tim SAR Putra Serang, Kemusu, sekitar pukul 15.55 WIB.

Sebelumnya tim SAR pada hari yang sama juga menemukan dua korban tewas tenggelam di Waduk Kedung Ombo, atau tepatnya di Dusun Grogol, Desa Genengsari, Kemusu, Kabupaten Boyolali. Dengan demikian, korban tewas menjadi empat orang.

Kedua korban yang tewas tenggelam sebelumnya, yakni Adi Rohmanto (17) dan Sugiyono (20). Keduanya warga Dusun Grogol, Rukun Tetangga (RT) 7, Rukun Warga (RW) IV, Desa Genengsari, Kemusu.

Menurut Komandan Tim SAR Putra Serang Kemusu, Hartono, korban Mulyono dan Tukiman berhasil ditemukan oleh Tim SAR menjelang magrib.

Peristiwa tenggelamnya kedua korban tersebut dilaporkan oleh Tim SAR sekitar pukul 13.30 WIB di perairan Waduk Kedung Ombo, tepatnya di Dusun Grenjengan, Desa Watugede, Kemusu.

"Kedua korban ini, tenggelam di Waduk Kedung Ombo diduga karena tidak dapat berenang setelah tergelincir saat memancing ikan," kata Hartono.

Menurut Hartono, kejadian tersebut bermula ketika korban Mulyono memancing ikan di bibir waduk. Kemudian dia berpindah tempat dan ingin mencari tempat yang strategis, tetapi korban diduga tergelincir jatuh ke waduk.

Peristiwa tersebut membuat kaget korban lainnya, yakni Tukiman, yang sedang mengolah ladangnya. Tukiman kemudian hendak menolong korban dengan cara menceburkan diri ke waduk.

Namun, Tukiman yang diketahui tidak mahir berenang tersebut akhirnya ikut tenggelam bersama Mulyono.

"Korban Tukiman ini hendak menolong Mulyono. Akan tetapi, keduanya justru tenggelam di dasar waduk itu," kata Hartono menjelaskan.

Menurut dia, Tim SAR telah menyisir di sekitar lokasi kejadian hingga pukul 15.00 WIB, tetapi kedua jasad korban belum dapat ditemukan.

"Tim SAR berhasil menemukan jasad kedua korban menjelang magrib. Keduanya saat ditemukan dalam kondisi tewas di dasar waduk," katanya.

Kedua jasad korban kemudian diserahkan ke kepolisian bersama tim dokter Puskesmas setempat untuk memeriksa korban di lokasi kejadian. Jenazah kedua korban kemudian diserahkan ke pihak kelurga masing-masing.
(B018/D007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010